Breaking News:

Guru Berkarya

Bimbingan Karir Online Solusi bagi Siswa di Masa Pandemi

Salah satu inovasi layanan BK karir yang cocok diberikan saat pandemi ini adalah melalui bimbingan konseling karir online.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Oleh: Yohanes Andang D SPd MPd, Guru BK SMAN 1 Salatiga 

Oleh: Yohanes Andang D SPd MPd, Guru BK SMAN 1 Salatiga

MEMASUKI tahun kedua pandemi Covid-19, memaksa semua guru beradaptasi melalui sistem pembelajaran baru. Dampak pandemi virus corona membuat pembelajaran terpaksa harus dilakukan secara jarak jauh. Beberapa kendala pun muncul, seperti kurangnya bimbingan guru, fasilitas media yang kurang memadai hingga masalah akses internet. Berdasarkan hasil survei SMRC. 92% siswa mengalami banyak masalah dalam mengikuti pembelajaran daring selama pandemi merebak.

Permasalahan dihadapi siswa kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 1 Salatiga saat ini adalah bingung memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Terjadi karena minimnya informasi mengenai studi lanjut atau kuliah yang seharusnya didapatkan melalui sekolah atau perguruan tinggi yang melakukan sosialisasi secara tatap muka dikelas.

Layanan BK Karir merupakan salah satu bidang layanan yang sangat penting harus diberikan oleh Guru BK selain tiga layanan BK lain, yaitu bimbingan pribadi, sosial, dan belajar. Winkel (2007) bimbingan karir diberikan untuk membantu persiapan memilih pekerjaan atau profesi tertentu sehingga dapat beradaptasi sesuai dengan kemampuan dalam pekerjaan tersebut. Dengan demikian peran guru BK adalah mempersiapkan sedini mungkin karir siswa melalui kuliah dengan jurusan yang tepat sesuai minat dan kemampuannya.

Salah satu inovasi layanan BK karir yang cocok diberikan saat pandemi ini adalah melalui bimbingan konseling karir online. Sebagai upaya meningkatkan pemahaman karir bagi siswa, guru BK mulai menyusun stategi baru demi tersampaikannya informasi karir yang dibutuhkan. Adapun tahapan awal dalam memberikan layanan bimbingan konseling karir online yaitu melakukan need assessment hambatan karir, analisis hasil assessment, pelaksaanaan BK karir secara online kemudian evaluasi serta tindaklanjut.

Deteksi awal melalui need assessment melalui daftar cek masalah karir perlu dilakukan karena kebutuhan dan hambatan setiap siswa tentang informasi karir berbeda-beda. Semisal mau kuliah di mana, jurusan apa, dan bagaimana prospek kerjanya. Selanjutnya adalah analisis masalah yang kemudian dikelompokkan menurut kebutuhannya sehingga treatment yang dilakukan guru BK dapat dilakukan secara tepat, efektif dan efisien. Rencana Pelaksaanaan Layanan (RPL) harus sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai meliputi aspek kognif, afektif, dan psikomotorik.

Pelaksanaan layanan konseling karir online bagi siswa SMA tidak terlalu rumit asalkan kita sebagai guru BK mau belajar khususnya tentang teknologi media pembelajaran. Saat ini sudah disediakan berbagai platform/media yang mudah dan interaktif digunakan. Sebagai contoh aplikasi WhatsApp untuk konsultasi karir melalui fitur chat, video call secara pribadi maupun kelompok. Guru BK dan guru mata pelajaran saat ini siap menggunakan fitur Google Meet di Google Classroom dengan mengaktifkan account belajar.id. Akhirnya siswa menjadi lebih antusias, semangat, dan interaktif selama mengikuti layanan BK Karir online.

Selanjutnya guru BK melakukan evaluasi layanan, dengan harapan dari layanan tersebut dapat dianalisis kelemahan dan kelebihannya untuk layanan BK karir berikutnya. Harapan baik dari inovasi BK Karir online dapat memotivasi, memberi semangat baru bagi cita-cita karir anak bangsa di masa depan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved