TOPIK
guru berkarya
-
Peningkatan Motorik Kasar melalui Metode Demonstrasi
Usia dini merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden age). Pada usia ini anak memiliki kemampuan untuk bela
-
Metode Bercerita Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Anak
Hakikat tanggung jawab pada setiap tahap perkembangan memiliki dimensi yang berbeda-beda. Tanggung jawab pada anak usia dini secara sederhana
-
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan
Usia dini adalah usia yang paling efektif dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Ada 5 aspek dalam perkembangan anak usia dini
-
Project Based Learning Strategi Meningkatkan Kreativitas Anak
Konsep dan bentuk kreativitas anak usia dini (AUD) dan orang dewasa sangat berbeda. Kreatif dalam pengertian orang dewasa berarti keberadaan keahlian
-
Peningkatan Budi Pekerti Anak melalui Metode Bercerita
Budi pekerti secara etimologi terdiri atas dua unsur dari kata “budi” dan “pekerti”. Budi dalam bahasa Sansekerta berarti kesadaran, pikiran, dan kece
-
Metode Bernyanyi Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Anak
Penguasaan kosakata sangat penting dalam perkembangan bahasa seseorang terutama pada anak usia dini. Masa kanak-kanak merupakan tahap perkembangan
-
Peningkatan Kreativitas melalui Metode Demonstrasi
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tingkat kreativitas pada siswa TK Pertiwi Getas belum ideal/optimal.
-
Metode Bernyanyi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak
Salah satu metode pembelajaran di PAUD yang dapat mengakomodasi perkembangan Bahasa anak adalah metode bernyanyi.
-
Peningkatan Berfikir Kritis melalui Metode Eksperimen
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dapat dilatih agar anak dapat memecahkan masalah secara efektif.
-
Bermain Huruf Kata Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak
Salah satu strategi yang bisa digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa adalah melalui metode bermain huruf kata.
-
Bermain Peran Kulakukan, Percaya Diriku dikembangkan
Kepercayaan diri pada anak usia dini secara lebih khusus ditandai dengan: sikap lebih independent, anak tidak terlalu bergantung dengan orang lain
-
Meningkatkan Kemandirian melaluiMetode Bermain Peran
Semua ini diharapkan agar anak dapat membuat keputusan secara mandiri dan belajar dari konsekuensi yang ditimbulkan keputusan yang diambilnya.
-
Jigsaw Memecah Kebuntuan dalam Proses Pembelajaran IPAS
Guru sebagai seorang pendidik merupakan faktor kunci dalam kesuksesan proses pembelajaran. Pentingnya guru dalam mensukseskan proses pembelajaran
-
Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran IPA melalui Media Berbasis Multimedia
Pemanfaatan media pembelajaran sebagai strategi dalam pembelajaran ikut membantu guru memperkaya wawasan siswa.
-
Dongeng Diceritakan, Budi Pekerti Ditingkatkan
Persoalan pendidikan budi pekerti sampai saat ini masih menjadi fokus pembicaraan yang menarik untuk selalu dikaji dan dicarikan solusinya
-
Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Metode Demonstrasi
Pengenalan lambang bilangan pada anak perlu diberikan sedini mungkin dengan menggunakan cara yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak.
-
Metode Kerja Kelompok Strategi Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Kepercayaan diri merupakan sikap yakin atas kemampuan diri sendiri sehingga tidak terlalu cemas dalam bertindak.
-
Metode Bermain Peran Efektif dalam Membangun Sikap Sopan Santun Siswa
Sikap sopan santun merupakan budaya leluhur bangsa ini. Sikap ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai hormat menghormati sesama dalam kehidupan
-
Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini
Gangguan yang paling sering menimpa anak-anak dan jarang disadari oleh orang tua ialah developmental language disorder (DLD)
-
Peran Orang tua dalam Membangun Kepercayaan Diri Anak
Pendidikan anak usia dini telah banyak berkembang di masyarakat, baik yang ditumbuhkembangkan oleh instansi pemerintah maupun oleh masyarakat.
-
Meningkatkan Karakter Siswa di Sekolah melalui Pembiasaan Senam Pagi Oleh :Aliyatur Rokhmah,S.Pd,
Pendidikan karakter sangat di tekankan pada lingkungan pendidikan terutama dari penggagas kebijakan sebagai upaya untuk pembentukan kepribadian anak
-
Model Pembelajaran Jigsaw Solusi Jitu Meningkatkan Keaktifan Siswa
Pembelajaran IPA akan menjadi lebih bermakna dan menghasilkan prestasi yang tinggi, ketika seorang guru dapat memperlihatkan kreativitas dan inovasi
-
Peningkatan Kemampuan Berbahasa melalui Metode Bermain Peran
Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, dimana pikiran dan perasaan dinyatakan dalam bentuk lambang atau simbol
-
Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemandirian Anak
Kemandirian adalah suatu kemampuan psikososial berupa kesanggupan untuk berani, berinisiatif dan bertanggung jawab dalam mengatasi hambatan/masalah
-
Eksperimen Kukerjakan, Minat Belajar Kudapatkan
Minat belajar siswa adalah kecenderungan seorang peserta didik untuk melakukan kegiatan tertentu yang outputnya akan membuat mereka senang
-
Peningkatan Motivasi Literasi pada Anak melalui Pojok Baca
Literasi membaca sejak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak-anak. Literasi bagi anak usia dini merujuk pada kemampuan
-
Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Digitalisasi Sekolah Melalui Diskusi Kelompok
Digitalisasi dalam konteks pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan proses pembelajaran
-
Peningkatan Minat Belajar melalui Kegiatan Berbasis Proyek
Minat belajar siswa merupakan kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan besar terhadap sesuatu hal.
-
Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa dengan Peer Counceling
Kepercayaan diri merupakan faktor salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan belajar pada siswa.
-
Optimalkan Layanan Dasar Bimbingan Klasikal Melalui PJBL
Bimbingan klasikal sebagai salah satu layanan dasar Bimbingan Konseling merupakan proses yang dirancang agar guru BK melakukan kontak langsung