Berita Video

Video Bupati Tegal Luncurkan Program UMKM Go Digital dan Resmikan UMKM Center

Dalam rangka membangun dan mengembangkan kehidupan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang lebih unggul, maju, berdaya saing

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI -  Berikut ini video Bupati Tegal luncurkan program UMKM Go Digital dan resmikan UMKM Center.

Dalam rangka membangun dan mengembangkan kehidupan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang lebih unggul, maju, berdaya saing, serta mampu memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Pemkab Tegal luncurkan program UMKM go digital dan meresmikan UMKM Center, Senin (27/9/2021).

Hadir langsung untuk meresmikan UMKM Center yang berlokasi di Trasa Mart Co-Working Space, Bupati Tegal Umi Azizah, Kepala DisdagkopUKM Kabupaten Tegal Suspriyanti, Direktur Utama PT Kasyr Sibernetika Indonesia Edi Kurniawan, perwakilan OJK Tegal, dan pejabat lainnya.

Dalam prosesnya, Pemkab Tegal tidak sendiri melainkan bersinergi dengan PT Kasyr Sibernetika Indonesia, start-up yang bergerak di bidang teknologi dan aplikasi yang memberi dukungan pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Tegal. 

Nantinya pelaku UMKM di Kabupaten Tegal diberikan pemahaman dan pengenalan media sosial sebagai pemasaran, metode transaksi, sampai bagaimana pelaku UMKM mengelola bisnisnya supaya jauh lebih baik lagi.

"Jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Tegal saat ini mencapai 144.302 pelaku usaha. Sehingga harapannya dengan peluncuran program UMKM go digital dan peresmian UMKM center bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, terlebih kami juga menjalin kerja sama dengan PT Kasyr. Kedepan UMKM tidak biasa-biasa saja atau jalan di tempat terlebih di era teknologi seperti sekarang ini," ungkap Umi, pada Tribunjateng.com.

Setelah ini, lanjutnya, pelaku UMKM akan dimapping atau diseleksi manakah yang sudah layak atau belum.

Adapun bisa dikatakan layak di antaranya harus sudah memenuhi pangan industri rumah tangga (PIRT), dari sisi kesehatan, produk layak jual atau tidak, packaging (pengemasan), dan lain-lain.

Nah untuk pendampingannya dibantu dari PT Kasyr Sibernetika Indonesia.

Tak lupa pada kesempatan ini, Umi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja memfasilitasi terjalinnya kerja sama, dan ia juga menitip pesan informasikan ke publik, ke masyarakat pelaku UMKM untuk mengakses layanan di UMKM Center.

Karena ternyata, banyak hal fundamental yang harus disiapkan pelaku UMKM sebelum memutuskan ”go digital” baik dari sisi produksi maupun distribusi. 

"Digitalisasi bukan semata menjual secara daring, mencitrakan produk secara daring, melainkan juga soal manajemen, dari tata kelola keuangan, produk sampai ke pelaporan kinerja usaha sebagai rangkaian proses untuk menentukan strategi bisnisnya seperti apa," ujar Umi.

Masih di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Kasyr Sibernetika Indonesia Edi Kurniawan menjelaskan, tahap awal pihaknya memberikan edukasi kepada pelaku UMKM sekaligus membaca kepribadian masing-masing apakah bisa mengikuti secara cepat atau tidak.

Sedangkan dari DisdagkopUKM Kabupaten Tegal yang akan mengategorikan sesuai jenis usaha kemudian baru dibentuk kelas-kelas sehingga bisa lebih mudah mengatur saat memberikan materi. 

"Awal kami akan memberikan materi tentang laporan keuangan laba dan rugi, karena jika langsung ke e-commerce tapi pencatatan keuangannya berantakan sama saja bohong. Sehingga strategi nya kami ajari dulu bagaimana cara mengelola keuangan, stok, bahan baku, setelah itu baru kami latih digital marketing memanfaatkan media sosial. Jika media sosial sudah ada customer, baru masuk ke e-commerce, kurang lebih seperti itu," papar Edi.

Bagi pelaku usaha yang berminat bisa langsung datang ke lokasi UMKM Center atau melalui DisdagkopUKM Kabupaten Tegal.

Edi menyebut pihaknya sangat terbuka dan memberikan kesempatan kepada semuanya yang memang ingin belajar dan usaha nya bisa naik kelas go digital.

"Untuk seminggu awal saya menargetkan paling tidak 250 UMKM bisa bergabung dan belajar bersama kami. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas support yang diberikan baik dari Bupati Tegal Umi Azizah, Kepala DisdagkopUKM, dan teman-teman pelaku usaha," tandasnya. (dta)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved