Breaking News:

Guru Berkarya

Implementasi Metode Blended Learning dalam PTM Terbatas

Munculnya Covid-19 sejak tahun 2019 membawa dampak yang sangat besar terhadap kehidupan manusia, termasuk dalam dunia Pendidikan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Bambang Sriyanto SPd, Guru SMPN 2 Pulosari Kabupaten Pemalang 

Oleh: Bambang Sriyanto SPd, Guru SMPN 2 Pulosari Kabupaten Pemalang

MUNCULNYA Covid-19 sejak tahun 2019 membawa dampak yang sangat besar terhadap kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Budaya belajar yang awalnya dilakukan secara langsung tidak diperbolehkan. Kegiatan belajar diganti dengan BDR (Belajar Dari Rumah). Perkembangan Covid-19 di Indonesia pada 2021 mencapai puncak dan mulai melandai setelah pertengahan tahun.

Mulai bulan Agustus, pemerintah mulai memperbolehkan pembelajaran tatap muka terbatas di daerah yang berstatus PPKM level 1, 2 dan 3. PTM terbatas artinya terbatas jumlah peserta didik dan waktu di sekolah. Kebijakan ini membawa dampak pada kegiatan metode belajar mengajar yang awalnya belajar dari rumah secara penuh menjadi kombinasi antara belajar di sekolah secara terbatas dan belajar di rumah.

Menghadapi hal tersebut guru harus menggunakan metode pembelajaran yang dapat memadukan antara BDR dengan PTM terbatas. Salah satu metode tersebut adalah Blended Learning. Semler (2005) mengatakan Metode Blended Learning menggabungkan aspek terbaik dari pembelajaran online, aktivitas tatap muka yang terstruktur dan praktik dunia nyata. Blended learning merupakan perpaduan pembelajaran kelas tradisional dengan pembelajaran berbasis teknologi (modern).

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Annisa (2014: 108) yang menyatakan blended learning merupakan suatu sistem belajar yang memadukan belajar secara face to face (bertatap muka/klasikal) dengan belajar secara online (melalui penggunaan fasilitas/media internet). Blended learning merupakan sebuah metode belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara memadukan pembelajaran berbasis kelas/tatap muka dengan pembelajaran secara daring..

Impelementasi Pembelajaran Blended Learning di SMP Negeri 2 Pulosari pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan memberikan tugas membaca materi tertentu yang yang dibagikan guru secara daring dilengkapi dengan Lembar Kerja untuk memandu belajar siswa. Kegiatan BDR diupayakan untuk meningkatkan literasi dan kemampuan bertanya peserta didik.

Setiap peserta didik harus membawa pertanyaan yang ingin diketahui dari materi yang dibaca untuk didiskusikan dengan guru di sekolah pada saat tatap muka terbatas. Selain itu kegiatan BDR harus dapat dimanfaatkan guru untuk membuat tagihan sebagai penilaian dalam bentuk Lembar Kerja yang dikumpulkan pada saat PTM terbatas.

Kegiatan PTM terbatas membatasi kegiatan belajar hanya 2 jam di sekolah. Kegiatan tersebut harus mampu dimanfaatkan guru dan siswa sebaik-baiknya guna melakukan kegiatan belajar mengajar.

Dalam kegiatan ini siswa dapat bertanya langsung kepada gurunya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan atau kesulitan yang mereka temui pada saat BDR untuk didiskusikan di kelas. Dalam kegiatan PTM terbatas guru harus menyiapkan materi-materi esensial yang harus disampaikan kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Metode Blended Learning dapat dijadikan alternatif dalam situasi pandemi seperti saat ini. Dengan Blended Learning literasi anak semakin tinggi, kemampuan bertanya bisa ditumbuhkan sehingga anak dapat lebih kritis.

Metode ini dapat meningkatkan efisiensi waktu belajar mengajar, materi pembelajaran dan penilaian baik pengetahuan, keterampilan dan sikap dapat dilakukan sekaligus. Tantangan dalam metode Blended Learning antara lain persiapan dan desain pembelajaran guru harus benar-benar matang. Terutama materi esensial pada pokok bahasan tertentu dan LK, guru harus mampu meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik dan peserta didik harus disiplin dalam mengikuti setiap aktivitas dalam kegiatan pembelajaran. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved