Breaking News:

Guru Berkarya

Permudah Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor dengan Googlesite

Di Era pandemi, mempelajari konsep perubahan suhu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya diperlukan penjelasan yang bisa mempermudah.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Siti Syarofah SPd, Guru SMPN 1 Cepogo Kab Boyolali 

Oleh: Siti Syarofah SPd, Guru SMPN 1 Cepogo Kab Boyolali

PADA era pandemi, mempelajari konsep perubahan suhu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, diperlukan penjelasan yang bisa mempermudah pemahaman siswa. Menurut Ir. Sarsinta (2008) suhu merupakan suatu ukuran dingin atau panasnya suatu keadaan dan lainnya. Sedangkan kalor merupakan nama lain dari energi panas.

Konsep perubahan suhu sudah diperkenalkan kepada siswa ketika di jenjang SD dan dilanjutkan di jenjang SMP kelas 7. Di SMPN 1 Cipogo, konsep perubahan suhu juga telah diajarkan yaitu dalam mata pelajaran IPA KD 3.4 yaitu menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan, dengan materi yang diajarkan berupa suhu dan perubahannya.

Memahami konsep perubahan suhu menjadi sangat penting karena akan berperan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Oleh karena itu, diharapkan seluruh peserta didik bisa memahami materi sepenuhnya dengan baik.

Kondisi yang ada terutama di awal pandemi Covid-19, banyak siswa yang kesulitan memahami konsep perubahan suhu. Mereka hanya mengandalkan buku pegangan siswa sedangkan guru masih belum menemukan media pembelajaran tepat yang bisa diakses seluruh siswa di rumah masing-masing.

Kondisi tersebut berdampak pada nilai penugasan siswa yang masih banyak berada di bawah KKM. Kemudian dilihat dari hasil dialog di akhir pembelajaran saat banyak siswa mengeluh susah memahami konsep perubahan suhu jika hanya membaca buku.

Menurut Suprapto dalam Mahfud Shalahuddin (1996), media pembelajaran merupakan media yang berguna mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan tidak keluar dari koridornya. Melihat kondisi tersebut guru berusaha menciptakan inovasi yang bisa memudahkan siswa mempelajari serta memahami konsep perubahan suhu.

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memperkenalkan fitur bawaan Google yaitu Googlesite. Dengan menggunakan Googlesite guru dapat berkreasi dalam menyampaikan materi perubahan suhu dan menggunakan teks disertai gambar-gambar yang sesuai materi.

Selain itu guru juga melampirkan video penjelasan sebagai media audio visual. Sebelum menggunakan Googlesite, guru diwajibkan memiliki akun Google untuk mengakses Google Drive sebagai salah satu wadah fitur Google.

Setelah memiliki Google Drive langsung membuka fitur Googlesite dan membuat alamat Googlesite sesuai keinginan guru. Kemudian isi laman materi dengan bahan materi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Kemudian link materi pembelajaran yang sudah selesai tersebut dibagikan kepada siswa. Selain mudah untuk diakses, Googlesite juga tidak membutuhkan banyak kuota sehingga anak tetap dapat menggunakan kuota keperluan lainnnya.

Setelah laman Googlesite dengan konsep materi perubahan suhu tersebut dibuka dan dipelajari siswa, ternyata kendala yang dihadapi cukup sedikit. Hanya kendala sinyal di beberapa tempat tinggal siswa.

Adapun dari hasil dialog yang kembali dilakukan, guru memperoleh hasil bahwa menggunakan media Googlesite mampu memudahkan siswa mempelajari serta memahami materi KD 3.1. Hal ini sejalan dengan hasil PH yang diikuti oleh siswa yang mana mayoritas sudah melampaui KKM. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved