Breaking News:

Unika

Unika Ajak BI Jateng Perbanyak Kolaborasi Riset: Harus Dikembalikan ke Masyarakat

Pimpinan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berharap bisa meningkatkan sinergi

dok Unika
Rektor Unika, Ferdinandus Hindiarto (kelima kanan) berfoto bersama Kepala BI Jateng dan jajaran. Rektor Unika minta ada peningkatan riset bersama BI 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG -- Pimpinan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berharap bisa meningkatkan sinergi atau kerja sama dengan para pihak.

Satu di antaranya yakni Bank Indonesia. Proses kerja sama Unika dengan BI Provinsi Jateng dibutuhkan terutama untuk memperbanyak publikasi riset terapan dan penelitian.

"Unika masih perlu meningkatkan penelitian dan riset terapan. Ini juga perlu kembali ke masyarakat agar kelak berguna bagi mereka," kata Rektor Unika, Ferdinandus Hindiarto, usai melakukan kunjungan ke BI Jateng, melalui keterangan tertulis, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, Unika pernah menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia yaitu beberapa riset bersama Program Studi Manajemen.

"Tentu kami berkomitmen untuk terus melanjutkan dan jika dimungkinkan meningkatkan riset-riset kita," ucapnya.

Selain itu, ia jug mengungkapkan bakal mengembangkan pusat studi baru yaitu pemberdayaan desa.

Pusat studi ini merupakan sumbangsih dari akademisi untuk memajukan masyarakat desa dengan potensi yang dimiliki.

Hal itu juga selaras dengan keinginan BI yang mengembangkan desa wisata. Lantaran sektor pariwisata dinilai paling cepat membangkitkan perekonomian warga desa.

"Menurut kami, seharusnya kami ada di sana. Dan ini yang sudah kami lakukan yaitu pendampingan sembilan desa wisata di beberapa daerah serta bekerja sama dengan beberapa organisasi di luar negeri," kata Ferdi, sapaan akrab rektor.

Kemudian, di depan para pejabat BI Jateng, Ferdi mengungkapkan bahwa Unika memiliki tagline ‘Talenta pro Patria et Humanitate’. Artinya, talenta-talenta yang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa dipersembahkan untuk negara dan kemanusiaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved