Breaking News:

Berita Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo Lantik Sumarno Sebagai Sekda Jateng, Sempat 2 Tahun Kosong

Setelah sempat mengalami kekosongan selama 2 tahun, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah akhirnya terisi

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muslimah
Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Sumarno sebagai Sekda Jateng definitif di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah sempat mengalami kekosongan selama 2 tahun, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah akhirnya terisi.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melantik Sumarno sebagai Sekda Provinsi Jawa Tengah definitif. Pelantikan dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (8/10/2021).

Jabatan Sekda Jawa Tengah kosong sejak 25 Oktober 2019 atau 2 tahun yang lalu.

Penjabat (Pj) Sekda sudah berganti dua kali, yakni Herru Setiadhie dan Prasetyo Aribowo. Prasetyo sendiri menjabat sebagai Kepala Bappeda Jawa Tengah.

Sebelum pelantikan, Gubernur Ganjar Pranowo membuka amplop yang berisi nama Sekda terpilih dari Presiden RI, Joko Widodo. Sumarno merupakan Sekda hasil lelang jabatan yang digelar oleh Ganjar.

Sebelumnya, Sumarno menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Tengah. Sumarno terpilih usai bersaing ketat dengan sejumlah kandidat lain.

Pada seleksi akhir, tiga nama yang disetorkan ke Presiden Jokowi. Selain Sumarno, dua nama lainnya yang disetorkan yaitu Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto dan Kepala BPSDM Jawa Tengah Arief Irwanto.

"Kami di daerah hanya punya kewenangan untuk menyeleksi. Kami memilih tiga kandidat dan diberikan ke Presiden. Di sanalah yang menentukan, ada tim penentu akhir yang memilih," kata Ganjar.

Menurutnya, siapapun Sekda Jawa Tengah yang jadi pilihan Presiden akan diterima. Sebab, tiga calon yang lolos seleksi Sekda kemarin adalah calon-calon yang terbaik.

"Menurut saya tiga calon yang lolos ini yang terbaik, ada pak Jarwanto, pak Arief dan pak Marno. Pansel sudah melakukan proses seleksi dengan baik," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved