Breaking News:

Berita Lifestye

Mitos atau Fakta Keramas dengan Air Hangat Bikin Rambut Rontok? Simak Penjelasan Dokter

Keramas dengan air hangat atau panas sendiri sebenarnya merupakan salah satu faktor eksternal yang menyebabkan rambut rontok

Editor: muslimah
THINKSTOCK.COM
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM – Mitos atau fakta keramas pakai air hangat bisa menyebabkan rambut ronto?

Yuk simak penjelasannya.

Ilustrasi
Ilustrasi (THINKSTOCK.COM)

Saat cuaca dingin atau kelelahan, biasanya hal pertama yang ingin kita lakukan adalah mandi dan keramas dengan air hangat atau air panas.

Memang, selain dapat menghangatkan tubuh, saat mengguyurkan air hangat atau agak panas ke kepala, rasanya beban dan lelah serasa terangkat.

Tetapi, mulai sekarang kita perlu berhati-hati nih.

Baca juga: Menu Diet Sehat Agar Tubuh Langsing Alami dalam 7 Hari, Simak Tips dan Menu Pilihannya

Baca juga: Al Maafkan Pengkhianat di Rumahnya Sinopsis Ikatan Cinta RCTI Malam Ini 9 Oktober 2021 Jam 19.30 WIB

Pasalnya, keramas dengan air hangat atau agak panas ternyata bisa menyebabkan rambut rontok.

“Air hangat tidak boleh. Rambut itu nggak didesain untuk pakai air hangat. Sebab, pH balance bisa terganggu,” ujar dr. Reinita Arlin Puspita dalam webinar "Kupas Tuntas Produk Praktis dan Inovatif Untuk Solusi Rambut Lebih Tebal dan Kulit Kepala Sehat" yang diselenggarakan oleh People With Us pada Jumat (8/10/2021).

Menurut dr. Reinita, keseimbangan pH yang terganggu dapat menyebabkan rusaknya folikel kulit kepala, melemah, dan berujung pada kerontokan rambut saat disisir.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa air hangat dapat mengelupas minyak alami yang ada pada rambut, sehingga menyebabkan rambut menjadi kering dan dehidrasi, yang akan membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan, kerontokan, dan ujung rambut pun bisa bercabang.

Keramas dengan air hangat atau panas sendiri sebenarnya merupakan salah satu faktor eksternal yang menyebabkan rambut rontok.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved