Breaking News:

Berita Video

Video Hujan Airmata, Guru Honorer Sujud Syukur Lulus Seleksi PPPK

Kemendikbudristek mengumumkan nama-nama guru honorer yang lulus seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK.

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG -  Berikut ini video hujan airmata, guru honorer sujud syukur lulus seleksi PPPK.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan nama-nama guru honorer yang lulus seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Jumat (8/10/2021).

Hasil pengumuman ini merupakan gelombang pertama pada 2021. Direncanakan pada tahun ini, pemerintah akan menggulirkan seleksi PPPK hingga tiga gelombang.

Jumlah guru honorer yang dinyatakan lulus seleksi mencapai 173.329 orang.

"Sebanyak 173.329 guru honorer berhasil lolos pada ujian pertama ini dan akan segera diangkat menjadi guru PPPK. Jumlah ini merupakan yang terbesar dan menjadi sejarah perekrutan dalam jumlah besar," kata Mendikbudristek, Nadiem A Makarim saat mengumumkan hasil seleksi ASN PPPK secara virtual.

Pemerintah pusat menyediakan 1.002.616 formasi guru PPPK pada 2021 ini. Namun, hanya 506.252 yang diajukan pemerintah daerah. Dari jumlah itu, hanya 322.665 yang mendapatkan pelamar pada ujian pertama.

Kemudian setelah melewati tes seleksi, hanya 173.329 guru honorer yang berhasil lulus dan mengisi formasi tersebut. Artinya, sekitar 53,7 persen formasi guru telah terisi.

Di Jawa Tengah, pengumuman hasil tersebut merupakan hari bersejarah bagi sejumlah guru honorer. Sudah lama mengabdi akhirnya diangkat dan diakui serta dijamin kesejahteraannya oleh negara.

Ungkapan suka cita itu diungkapkan guru honorer dengan mengucapkan terima kasih kepada pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jateng. Para guru honorer tersebut juga memberikan pisang dan sejumlah buah-buahan kepada pengurus PGRI.

"Kami, para guru honorer nonkategori berterimakasih kepada pemerintah. Kami juga berterima kasih kepada pengurus PGRI karena telah memperjuangkan nasib kami. Serta mengadakan pelatihan dan memberikan kisi-kisi tes PPPK," kata Ketua Umum DPP Forum Honorer Nonkategori Indonesia, R Sutopo Yuwono, saat beraudiensi dengan pengurus PGRI Jateng di Semarang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved