Breaking News:

Berita Nasional

SMRC Ungkap Penyebab Tren Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Naik

SMRC mengungkapkan hasil survei teranyar terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memperlihatkan tren positif bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranow

Editor: m nur huda
Dokumentasi Humas Pemprov Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan paparan secara daring terkait Inovasi dan Kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik dalam melakukan Pelayanan Publik di Jawa Tengah kepada tim penilai dari Komisi Informasi Pusat, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan hasil survei teranyar terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memperlihatkan tren positif bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Seperti diketahui, dalam survei SMRC, Ganjar menempati posisi di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang masih berada di posisi teratas dengan 18,1 persen. Survei dilakukan dengan simulasi pilihan semi terbuka.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyebut meski Ganjar berada di urutan kedua, namun tingkat elektabilitasnya mengalami kenaikan cukup tajam dari Maret 2020 ke September 2021.

Baca juga: Bambang Pacul Sebut Kader PDIP Dukung Ganjar Berarti Celeng, Albertus: Saya Siap Dipecat

Baca juga: Gubernur Jateng Menyapa, Ganjar dengan Sabar Dengar Curhatan Ratusan Pekerja Migran

"Elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan cukup tinggi dari Maret 2020 ke September 2021, dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen," kata Deni dalam acara Sapa Indonesia Pagi di KOMPAS.TV, Selasa (12/10/2021). 

Deni kemudian berujar kenaikan tersebut dikarenakan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Ganjar dinilai terus meningkat. 

Mengingat, kata dia, untuk mendapatkan dukungan di 2024, seorang yang dikenal harus disukai.

"Ini [kenaikan elektabilitas Ganjar] ditopang oleh kenaikan awareness publik terhadap Ganjar dari sebelumnya 54 persen menjadi 67 persen," jelasnya. 

"Dan kelihatannya dari tokoh-tokoh yang ada sementara hanya Ganjar yang mengalami kenaikan pesat pada popularitas dan karena itu pun elektabilitasnya naik," ungkap Deni. 

Di sisi lain, Deni menjelaskan, menurut survei SMRC terdapat perubahan sedikit terhadap dukungan partai. 

"Ada perubahan-perubahan, namun tidak terlalu besar, posisi pertama masih PDIP, setelah itu Golkar, lalu posisi yang ketat ada Gerindra, PKB, dan juga Demokrat," kata dia. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved