Breaking News:

Guru Berkarya

Asyiknya Belajar Kosakata Bahasa Inggris dengan TTS

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional sehingga Bahasa Inggris termasuk dalam salah satu mata pelajaran wajib dipendidikan formal.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Umi Toifatun SPd, Guru SMPN 3 Bojong Kab Pekalongan 

Oleh: Umi Toifatun SPd, Guru SMPN 3 Bojong Kab Pekalongan

BAHASA Inggris merupakan bahasa internasional sehingga bahasa Inggris termasuk dalam salah satu mata pelajaran wajib dipendidikan formal. Namun faktanya mata pelajaran bahasa Inggris masih tergolong sulit untuk dipelajari oleh para murid.

Banyak sekali murid yang belum mampu berbahasa Inggris dengan baik, yang mengakibatkan sulit untuk dapat menyerap informasi atau pengetahuan dari buku atau media yang menggunakan bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi masyarakat Indonesia sehingga pembelajaran bahasa Inggris masih tertinggal dari pelajaran lain hal ini menyebabkan nilai bahasa Inggris murid ada yang di bawah KKM.

Kesulitan yang dialami oleh murid SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan kelas 7 dalam mempelajari bahasa Inggris diakibatkan murid kurang menguasai kosakata bahasa Inggris sehingga mereka tidak dapat mengungkapkan gagasan atau ide baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Kosakata merupakan kunci dasar dalam berbahasa yang baik. Kosakata sangatlah penting untuk dipelajari karena apabila penguasaan kosakata kurang maka akan mempersulit kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Salah satu penyebab kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris adalah kurangnya minat murid untuk mempelajari atau menghafal kosakata tersebut.

Oleh karena itu guru dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Media sangatlah membantu proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tersebut menjadi efektif.

Salah satu media yang dapat digunakan untuk memperkaya penguasaan kosakata bahasa Inggris adalah teka-teki silang (TTS). Menurut Rantika dan Faisal (2015:14), media Teka-teki Silang adalah suatu media yang sangat tepat untuk mengajarkan materi yang konsepnya untuk mengajarkan keterampilan menulis, menghafal kosakata.

Dengan demikian teka-teki silang akan diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Tentunya diharapkan akan mempermudah murid dalam menghafal atau memahami apa yang disampaikan guru dan mendapatkan hal positif dan menyenangkan dari permaianan teka teki silang tersebut.

Media teka-teki silang ini sangatlah cocok diterapkan di kelas 7 karena media ini mengandung unsur permainan sesuai dengan karakteristik murid yang pada dasarnya merupakan tahap bermain. Sehingga akan membangkitkan semangat dan motivasi murid.

Dengan pembelajaran yang didesain seperti penggunaan teka teki silang ini memicu murid untuk berfikir terus dan terus. Teka-teki silang memberikan rasa penasaran sehingga murid akan terus berfikir sampai menemukan jawaban yang pas sesuai dengan kolom yang tersedia. Media teka-teki silang yang didesain dengan gambar dan warna yang menarik akan membuat proses belajar murid menjadi menyenangkan.

Dengan mengerjakan TTS bahasa Inggris, murid bisa menambah kosakata bahasa Inggris. Selain itu murid akan lebih familiar dengan pola ejaan bahasa Inggris.

Murid akan makin jarang membuat kesalahan dalam mengeja kata karena dalam TTS. Tiap kata harus disusun dengan benar huruf demi huruf.

Jika salah mengeja kata, seluruh TTS akan terpengaruh. Dengan diberikanya pembelajaran kosakata berbasis teka-teki silang, diharapkan murid dapat dengan mudah mempelajari, menghafalkan bahkan menguasai kosakata bahasa Inggris dengan baik. Sehingga dapat dijadikan bekal dalam mempelajari bahasa Inggris ke jenjang yang lebih tinggi.

Penggunaan media pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan TTS yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan dapat dilihat dari peningkatan nilai murid berada di atas KKM. Dilihat dari respons guru dan respons murid juga menunjukkan respons yang baik. Penggunaan media TTS memberikan motivasi dan semangat murid dalam mengikuti pembelajaran. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved