Breaking News:

Guru Berkarya

Mempermudah Belajar Menyusun Greeting Card melalui Canva

Greeting Card atau kartu ucapan merupakan teks singkat yang berisi doa dan harapan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Renggani SPd, Guru SMPN 03 Doro Kab Pekalongan 

Oleh: Renggani SPd, Guru SMPN 03 Doro Kab Pekalongan

GREETING Card atau kartu ucapan merupakan teks singkat yang berisi doa dan harapan.  Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita pernah menerima atau menulis kartu ucapan. Terutama pada momen-momen penting seperti ulang tahun, wisuda, memenangkan kompetisi, atau bahkan kartu ucapan saat sakit.

Pemberian kartu ucapan merupakan bentuk perhatian kepada orang-orang di sekitar kita. Kartu ucapan yang didesain menarik akan membuat penerima semakin bahagia.

Di era digital seperti sekarang, penting untuk memanfaatkan berbagai platform digital di dunia pendidikan. Menurut Kuntari (2013:5), adaptasi dilakukan untuk mencapai kesesuaian konsep dengan kapasitas peserta didik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikannya. Sayang, banyak yang belum tahu platform menarik dan mudah digunakan untuk membuat kartu ucapan.

Pada saat pembelajaran Bahasa Inggris tentang greeting card, yaitu kompetensi dasar 4.5 menyusun teks khusus dalam bentuk greeting card, masih terjadi beberapa masalah. Peserta didik kelas 8 SMP Negeri 03 Doro bingung menggunakan aplikasi apa yang mudah digunakan.

Banyak dari mereka yang tidak mau bertanya kepada guru. Jalan pintasnya, mereka mengunduh kartu ucapan yang ada di Google.

Beberapa peserta didik juga masih keliru dalam penulisan unsur kebahasaan. Padahal unsur kebahasaan yang benar dan struktur yang sesuai ditambah desain yang menarik akan membuat kartu ucapan semakin bagus.

Masalah tersebut disebabkan guru tidak membimbing peserta didik dengan jelas. Guru tidak memberi tahu media apa yang mudah digunakan peserta didik.

Peserta didik juga perlu contoh lebih dari satu kartu ucapan. Biasanya, peserta didik cenderung membuat sama seperti contoh. Jika guru mencontohkan kartu ucapan ulang tahun, rata-rata peserta didik melakukan hal yang sama.

Media yang tepat dan mudah digunakan untuk membuat kartu ucapan yaitu Canva. Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved