Breaking News:

Guru Berkarya

Tingkatkan Motivasi Belajar di Masa Pandemi dengan Sway

Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kemajuan sebuah bangsa. Melalui pendidikan generasi penerus bangsa ini dicetak.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Wartono SPdSD, Guru SDN Lumbungmas 01 Kec Pucakwangi Kab Pati 

Oleh: Wartono SPdSD, Guru SDN Lumbungmas 01 Kec Pucakwangi Kab Pati

PENDIDIKAN merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kemajuan sebuah bangsa. Melalui pendidikan generasi penerus bangsa ini dicetak.

Tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia tergantung dari kualiatas pendidikan. Pendidikan yang berkualitas tentu akan mampu mencetak generasi yang berkualitas pula, yang pada akhirnya akan mampu membawa perubahan dan kemajuan bangsa.

Bicara tentang kualitas pendidikan, banyak faktor yang menjadi penentunya. Salah satunya adalah peran seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai ujung tombak pendidikan kita.

Kompetensi dan kreativitas seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, sebagai seorang guru hendaknya mampu menyajikan pembelajaran yang berkualitas demi hasil yang maksimal.

Apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini, guru dituntut mampu menyajikan pembelajaran yang tetap berkualitas seperti halnya pembelajaran tatap muka sebelum pandemi melanda. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus mampu merencanakan,melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran yang disajikan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam usaha menyanjikan pembelajaran yang berkualitas, pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai dengan materi, yang sesuai dengan perkembangan jaman, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta media yang menarik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang disajikan.

Menurut Sri Anitah (2008 : 1), media pembelajaran berarti sesuatu mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan kepada penerima pesan. Oleh karena itu, media pembelajaran bisa diartikan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar.

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, yang mana pembelajaran berlangsung secara daring menuntut penggunaan media pembelajaran yang sesuai, yaitu pembelajaran yang berbasis teknologi digital dan tentunya menarik bagi peserta didik. Untuk memenuhi hal tersebut aplikasi Sway adalah jawaban yang sangat tepat.

Aplikasi Sway sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran. Sway adalah salah satu aplikasi terobosan baru yang diluncurkan oleh Microsoft 365. Aplikasi ini mulai rilis sekitar tahun 2014.

Sway merupakan aplikasi yang berbasis web, bukan software yang harus diinstal pada Laptop atau Android. Aplikasi ini membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, dan presentasi kita di layar interaktif berbasis web yang terlihat menarik.

Dengan Sway kita dapat dengan mudah  menambahkan dokumen, teks, gambar, video, kuis, bagan, atau tipe konten lain. Sehingga dalam satu media pembelajaran berupa Sway, peserta didik akan menjumpai berbagai media atau sarana belajar yang tersaji dalam konten Sway.  

Peserta didik akan merasa tertarik dan motivasi untuk belajarnya lebih meningkat. Dengan motivasi belajar yang tinggi tentunya potensi hasil belajar meningkat juga lebih tinggi.

Hal ini sangatlah cocok dilakukan dimasa pandemi ini yang pembelajarannya dilaksanakan secara daring. Agar kualitas pembelajaran tetap tidak kalah jika dibandingkan sebelum pandemimelanda. Sehingga kita dapat meminimalkan dampak pandemi ini. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved