Breaking News:

Berita Batang

Dinkes Batang Berikan Pelatihan Penanganan Permasalahan Kesehatan Pada Santri

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan pelatihan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) kepada santri

Penulis: dina indriani | Editor: muslimah
dok diskominfo batang
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan pelatihan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) kepada santri di Hotel Sahid Mandarin, Kamis (14/10/2021) 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan pelatihan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) kepada santri.

Pelatihan tersebut bertujuan agar menjadi santri husada yang mampu menangani permasalahan kesehatan di lingkungannya.

Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto mengatakan setelah mengikuti pelatihan para santri diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan.

“Paling tidak, santri bisa menangani ketika ada kegawatdaruratan, seperti demam, pusing. 

Mereka juga diberikan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), pelatihan mengukur tekanan darah dan pengukuran suhu serta obat-obatan sederhana seperti paracetamol, karena hanya untuk penanganan penyakit ringan saja,” tuturnya saat menyampaikan materi pelatihan Poskestren, di Hotel Sahid Mandarin, Kamis (14/10/2021).

Dijelaskannya, beberapa penyakit yang sering diderita santri yaitu pusing, mual dan gatal-gatal, yang langkah selanjutnya tetap dibawa ke Puskesmas terdekat.

Sementara, Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Mutmainah menambahkan pelatihan ini berguna bagi para santri, agar menjadi mandiri dalam penanganan kesehatan. 

Terutama di masa Pandemi Covid-19 sangat riskan, bagaimana mereka mengenali masalah kesehatan yang ada di sekitarnya dan menyelesaikannya dengan potensi yang dimiliki.

“Kami menyebutnya santri husada, karena harapannya menjadi kader yang akan menjadi agen perubahan di pondok pesantren masing-masing, kita tahu masalah kesehatan di ponpes itu kompleks, sebab mereka berada di dalam hingga 24 jam, tentu ada yang mengalami penyakit menular maupun tidak,” jelasnya.

Di sisi lain, ada masalah gizi yang harus diperhatikan, penyakit kulit yang rawan diderita dan lainnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved