Breaking News:

Guru Berkarya

Penanaman Fondasi Pendidikan Anak melalui Pembangunan Sikap

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional dan pendidikan di sekolah dasar.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kundarti SPdSD, Guru SDN Pulorejo 02 Kec Winong Kab Pati 

Oleh: Kundarti SPdSD, Guru SDN Pulorejo 02 Kec Winong Kab Pati

PENDIDIKAN adalah usaha sadar dan terencana yang tertuang dalam tujuan pendidikan nasional dan pendidikan di sekolah dasar. Isi dari tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mewujudkan suasana belajar dan proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, dalam berbangsa dan bernegara dalam (Undang-undang NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Tujuan pendidikan nasional tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran dalam pendidikan yang hakekatnya adalah memanusiakan manusia. Tilaar (2002: 435) menjelaskan bahwa hakikat pendidikan adalah memanusiakan manusia, yaitu suatu proses yang melihat manusia sebagai suatu keseluruhan di dalam eksistensinya.

Penerapan pendidikan dilaksanakan secara berjenjang dan dimulai dari jenjang pendidikan dasar atau disebut dengan sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan lembaga yang dikelola dan diatur oleh pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan dan diselenggarakan secara formal yang berlangsung selama 6 tahun dari kelas 1 sampai kelas 6.

Pendidikan diberikan kepada seluruhnya yang mempunyai latar belakang berbeda, untuk anak atau siswa-siswi di seluruh indonesia. Tentu dengan maksud dan tujuan yang tidak lain agar anak Indonesia menjadi seorang individu yang telah diamanatkan atau yang sudah dicita-citakan dalam Undang-undang Dasar 1945.

Dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat 3 tertera “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang”.

Pasal 31 ayat 5 menyebutkan “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”.

Pada satuan tingkat sekolah dasar, siswa merupakan anak didik yang perlu untuk di arahkan, dikembangkan, dan dijembatani ke arah perkembangannya yang bersifat komplek. Maka dari itu pendidikan di sekolah dasar pada hakekatnya merupakan pendidikan yang lebih mengarahkan dan lebih banyak memotivasi siswa untuk belajar.

Hal tersebut karena siswa sekolah dasar merupakan anak yang unik dan perlu perhatian. Latar belakang keunikan mereka terlihat pada perubahan berbagai aspek baik sikap, gerak, dan inteligennya sehingga mempengaruhi perkembangannya.

Lebih-lebih  untuk siswa yang tinggal di pedesaan seperti di SD Negeri Pulorejo 02 Kec.Winong Kab.Pati. Sebagian besar orang tuanya bekerja sebagai petani, merantau dan latar pendidikanya sekolah dasar.

Pendidikan sekolah dasar juga bertujuan untuk meletakan dasar kecerdasan ,pengetahuan, dan ketrampilan. Karena anak sekolah dasar merupan pondasi yang kokoh dan berguna ketika anak akan menempuh   pendidikan ditingkat yang lebih tinggi.

Maka sangat penting peran seorang pendidik sebagai ujung tombak yang menentukan anak akan belajar. Seorang guru juga harus cakap dalam memberikan pengajaran yang baik.

Sebagai seorang guru juga harus pandai melihat perkembangan dan hal apa yang dibutuhkan peserta didik. Untuk itu peran guru, orang tua, dan peserta didik harus bekerja sama untuk menumbuhkan semangat belajar.

Salah satu peran yang dapat ditawarkan dalam berbagai kegiatan adalah keteladanan. Implementasinya dapat dilaksanakan guru dalam setiap perilaku di kehidupan sehari-hari. Melalui keteladanan, siswa telah terbentuk sikap dan moral yang baik dan sesuai dengan harapan semua pihak. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved