Breaking News:

Berita Video

Video Kemiren Asri, Kampung Ekonomi Kreatif Dengan Usaha Jahe Merahnya

Pernah masuk zona merah COVID-19, membuat segala aktifitas ekonomi warga di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP -  Berikut ini video Kemiren Asri, kampung ekonomi kreatif dengan usaha jahe merahnya.

 Pernah masuk dalam zona merah COVID-19, membuat segala aktifitas ekonomi warga di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap seakan lumpuh. 

Protokol kesehatan harus dikedepankan tapi ekonomi rakyat juga mesti terus berjalan. 

Dengan segala keterbatasan, kaum ibu di Kelurahan Tegalkamulyan bangkit dan menginisiasi Kampung Ekonomi Kreatif untuk Masyarakat Mandiri (Kemiren Asri). 

Mereka menghimpun diri menjadi sebuah koperasi yang didalamnya ada beberapa kelompok usaha, salah satunya dalam pembuatan hand sanitizer dan berbagai olahan jahe merah. 

Ketua Kelompok Patra Asri, Rumdani Prapti Sumiwi mengatakan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) segala aktifitas usahanya berhenti. 

"Saat itu kita bingung dan berpikir usaha apa yang bisa tetap menghasilkan saat pandemi. 

Kita ada lidah buaya di kebun, lalu mulai berpikir apakah mungkin bisa dijadikan hand sanitizer," terangnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (7/10/2021). 

Tercetuslah ide membuat hand sanitizer berbahan lidah buaya yang memanfaatkan dari kebunnya sendiri. 

Prapti bersama dengan ibu-ibu yang lain kemudian mencoba meracik sendiri hand sanitizer dari bahan lidah buaya dengan ekstrak kayu putih. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved