Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Semangat Pemuda untuk Guncang Dunia Masih Ada

Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia"

Penulis: m nur huda | Editor: m nur huda
tribunjateng/bram/cetak
Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda 

Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM - Hari ini, 93 tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, pemuda dari perwakilan berbagai daerah di tanah air berkumpul dalam ajang Kongres Pemuda di Jakarta saat itu Batavia, kemudian merumuskan Sumpah Pemuda.

Momentum itu kemudian menjadi pijakan untuk membangkitkan semangat generasi muda Indonesia, mengajarkan nilai-nilai persatuan, menumbuhkan kebanggaan, dan menekankan rasa bangga terhadap Bahasa Indonesia.

Eksistensi pemuda telah banyak tercatat dalam sejarah dunia. Banyak tokoh-tokoh penggerak sekaligus perumus peradaban dunia diprakarsai pemuda.

Dalam jiwa pemuda, terdapat semangat, kreatifitas, revolusioner, dan tangguh. Jiwa ini kemudian pernah dijadikan spirit untuk membangun semangat pemuda oleh Soekarno yang populer dengan ungkapan berikut;

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia".

Ungkapan Soekarno itu mengandung legacy yang kaya makna. Ungkapan yang mampu membangun jiwa nasionalis, progresif dan revolusioner. Ungkapan yang menjadi dasar pemahaman bahwa masa depan sebuah peradaban ditentukan oleh generasi muda.

Soekarno paham, bahwa pemuda adalah generasi penerus yang selalu siap menghadapi tantangan bangsa. Ia menyadari, di tangan pemuda estafet kepemimpinan bangsa Indonesia berada.

Pemahaman itu sejalan dengan ungkapan, Syubbanul Yaum Rijalul Ghad “pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan”.

Hari ini, zaman telah berubah. Perkembangan teknologi informasi digital telah mengubah aktivitas sosial. Adanya media sosial, generasi digital mampu mengakses informasi secara luas, mengoreksi, berdialog, mengapesiasi, bahkan berkonsolidasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved