Breaking News:

Berita Batang

Tambah Destinasi Wisata, Pemkab Batang Bangun Taman Edukasi Jejak Sejarah Syailendra 

Pemerintah Kabupaten Batang akan menambah destinasi wisata berupa taman peradaban sejarah Syailendra.

Penulis: dina indriani | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Pelaksanaan doa bersama sebelum mulai melaksanakan pembangunan obyek wisata Taman Syailendra di Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Minggu (24/10/2021) 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang akan menambah destinasi wisata berupa taman peradaban sejarah Syailendra.

Wisata edukasi tersebut akan mengulas sejarah peradaban wangsa atau Dinasti Syailendra yang berkuasa di Jawa, khususnya pada kerajaan Mataram Kuna Periode Jawa Tengah.  

Taman Syailendra yang dibangun di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal itu menempati tanah milik KPH Pekalongan Timur yang sudah di kerjasamakan dengan luasan 1,3 hektar.

Baca juga: Duel Pemilik Kos dan Pencuri di Wonosobo, Korban Tak Mau Kalah Meski Dipukul Berkali-kali Pakai Tang

Baca juga: Hendi Gerakkan PNS Pemkot Semarang Untuk Belanja di Pasar Johar

Baca juga: Sebentar Lagi Main, Ini Link Live Streaming Timnas U23 Indonesia Vs Australia Kualifikasi Piala Asia

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Yarsono mengatakan pembangunan Taman Syailendra sudah dimulai pada 24 Oktober kemarin.

"Pada 24 Oktober kemarin sudah dilakukan peletakan batu pertama dan doa bersama, pengerjaan taman Syailendra lelangnya dimenangkan CV Maestya Bersama dari Tegal," tuturnya saat ditemui di kantornya, Jumat (29/10/2021).

Lebih lanjut dikatakan Yarsono, ada sekitar seratusan replika situs yang akan dibangun di Taman Syailendra seperti situs Ganesha, Situs Sojomerto dan Situs sejarah peradaban Saylendra di Jawa dan khususnya Jawa Tengah dan Batang. 

"Pembuatan replika situs saat ini masih menunggu perizinan dari Balai Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah, karena tidak sembarang ketika benda cagar budaya langsung di buat replikanya,"jelasnya.

Adapun Situs Cagar Budaya Syailendra yang berada di Wilayah Kabupaten Batang masih tetap di lokasi semula, karena tidak diperkenankan merubah maupun memindah situs aslinya.

"Taman Syailendra berada di area perbukitan desa Silurah kecamatan Wonotunggal, dengan view ke arah timur dengan pemandanganhamparan pepohonan rindang yang indah dan sejuk sehingga Taman Syailendra pas untuk wisata keluarga dan edukasi anak tentang sejarah peradaban," terangnya.

Konsep wisata taman Syailendra akan  menggabungkan dan dipadukan dengan kegiatan adat lokal yang ada di desa Silurah yang memiliki segudang adat budaya kearifan lokalnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved