Breaking News:

Berita Batang

Pembangunan Jembatan Penghubung Blado-Pagilaran Batang Selesai, Bisa Dilewati Kendaraan Besar

Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah menyelesaikan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Watubangk

Penulis: dina indriani | Editor: m nur huda
Istimewa/DPUPR Batang
Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah menyelesaikan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Watubangkong yang merupakan jalan penghubung Blado-Pagilaran. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah menyelesaikan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Watubangkong yang merupakan jalan penghubung Blado-Pagilaran.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Endro Suryono mengatakan pengerjaan jembatan yang dilakukan selama 150 hari kalender atau mulai pada tanggal 2 Juni sampai 29 Oktober 2021 selesai sesuai target 

"Alhamdulillah pekerjaan Jembatan Watubangkong sudah selesai 100 persen sesuai target yang ditentukan pada 29 Oktober 2021,” tuturnya, Selasa (2/11/2021).

Dengan selesainya jembatan, masyarakat bisa melewatinya menuju 
Wisata Kebun Teh Pagilaran. 

Dijelaskan Endro, jembatan yang menelan biaya sebesar Rp1,4 miliar ini kini dapat digunakan oleh kendaraan besar dengan beban maksimal 12 ton sesuai peruntukan jalan kelas 3.

"Meskipun begitu sebetulnya jembatan ini dapat dilalui kendaraan dengan 20 ton perkiraan saya,” ujarnya.

Pengerjaan jembatan Watubangkong dikerjakan oleh CV Subur Makmur asal Semarang yang memiliki desain mirip seperti Jembatan Tol Kalikangkung.

Persamaan itu terdapat tiang melengkung dan jembatan dilengkapi dengan lampu warna warni. 

Ketinggian tiang melengkung sendiri kurang lebih 4 meter jadi kendaraan yang mempunyai tinggi itu bisa melalui jembatannya.

“Jembatan mempunyai lebar dari semula 3,5 meter menjadi 6 meter, jadi bus pariwisata saya kira nantinya bisa melewati jembatan ini untuk menuju ke Wisata Kebun Teh Pagilaran,” jelasnya.

Diharapkan, ke depan tinggal memperbaiki jembatan yang satunya di sisi timur Jembatan Watubangkong yang membutuhkan pelebaran, agar nantinya bisa dilewati kendaraan berat seperti Bus Pariwisata. 

"Rencananya kita anggarkan pada tahun 2023 mendatang untuk pembangunan jembatannya," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved