Guru Berkarya

Belajar Matematika Jadi Menyenangkan dengan Kahoot

Kahoot merupakan aplikasi pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan disekolah dan di lembaga pendidikan lainnya.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Imam Sya'roni SpdSD, Guru SDN Purwosari 02 Kec Tlogowungu Kab Pati 

Oleh: Imam Sya'roni SpdSD, Guru SDN Purwosari 02 Kec Tlogowungu Kab Pati

PEMBELAJARAN Matematika pada anak usia sekolah dasar masih dianggap pelajaran yang sulit karena matematika identik dengan mengerjakan soal latihan dengan harapan menumbuhkan keuletan dalam memecahkan masalah. Apalagi aktivitas pembelajaran yang awalnya menggunakan metode daring penuh karena pandemi saat ini mulai mengalami perubahan dengan berlakunya pembelajaran tatap muka terbatas. Hal ini merupakan tantangan guru untuk memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang cocok sehingga pembelajaran matematika jadi menyenangkan dan meningkatkan semangat belajar peserta didik.

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman 2006:7). Ketika memilih media pembelajaran, guru harus menyesuaikan dengan fasilitas yang ada, karakteristik belajar siswa, serta kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran tersebut.

Salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan semangat belajar peserta didik khususnya pada pelajaran Matematika kelas 5 di SD Negeri Purwosari 02 Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati Tahun pelajaran 2021/2022 KD 3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu) dan KD 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda, baik sacara luring ataupun daring salah satunya dengan menggunakan aplikasi Kahoot.

Kahoot merupakan aplikasi pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan di lembaga pendidikan lainnya. Menurut pernyataan kuisioner yang terdapat dalam Barus & Soedewo (2018), media Kahoot! memiliki beberapa kelebihan. Sebanyak 94,3 % menyatakan penggunaan media Kahoot! dapat berpartisipasi dengan aktif dalam menjawab pertanyaan. Kemudian 75,7 % menyatakan ada kolaborasi dengan tim dalam menjawab pertanyaan.

Selanjutnya, 94,3 % dapat meningkatkan spirit dalam Team Work, 97,2 % dapat meningkatkan minat anda dalam belajar, 95,7 % dapat membantu dalam pemahaman materi yang telah diberikan, 92,8 % dapat menambah pengetahuan Anda tentang materi yang telah diberikan, dan 94,7 % membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Untuk membuat kuis pada kahoot, pertama masuk ke halaman https://create.kahoot.it/. Jika belum memiliki akun, dapat menggunakan akun e-mail untuk melakukan registrasi.

Selanjutnya guru memulai membuat kuis pada kahoot. Game atau kuis yang telah dibuat secara otomatis tersimpan pada akun kahoot. Pada akhir game, kahoot akan menampilkan hasil dari pekerjaan peserta didik secara otomatis.

Cara memainkan kuis pada kahoot untuk peserta didik yaitu masuk pada halaman http://kahoot.it. masukkan PIN untuk mengakses permainan kuis, masukkan nickname pada kolom yang diminta lalu klik OK, go! Setelah itu menunggu guru menekan tombol start untuk memulai permainan.

Penggunaan media kahoot yang sifatnya permainan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar sehingga sangat cocok digunakan pada pelajaran Matematika kelas V di  SD Negeri Purwosari 02 KD 3.3 dan 4.3 membuat peserta didik terlihat sangat senang dan antusias belajar matematika.

Bahkan raut wajah ceria dan penuh semangat untuk mencoba lagi dan lagi, siswa meminta guru untuk membuatkan soal-soal agar bisa belajar lebih lama. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Kahoot belajar matematika yang awalnya terasa sulit menjadi lebih menyenangkan serta membuat peserta didik antusias. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved