Breaking News:

Berita Batang

Jadi Daerah Rawan Banjir, Camat Batang Minta Warga Ikut Lakukan Pencegahan

Kecamatan Batang menjadi salah satu daerah yang rawan banjir, rob, dan abrasi pantai.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
Camat Batang Luksono Pramudito 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Kecamatan Batang, Kabupaten Batang menjadi salah satu daerah yang rawan banjir, rob, dan abrasi pantai.

Pasalnya beberapa wilayah di Kecamatan Batang termasuk dalam pesisir pantai utara.

Untuk itu, Camat Batang Luksono Pramudito mengingatkan perlunya kewaspadaan dari masyarakat terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Untuk dari kami kemarin sudah dilakukan mitigasi bencana, dan sudah disosialisasikan ke masing-masing desa terutama desa yang rawan. Selain itu perlu juga kewaspadaan dari masing-masing diri yang penting ketika terjadi bencana banjir, utamakan untuk menyelamatkan manusia khususnya lansia dan anak-anak, dengan segera dievakuasi ke posko penanggulangan bencana,” jelasnya, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan banjir di antaranya kedangkalan dan penyempitan sungai.

"Ada beberapa faktor selain curah hujan misalnya Klidang Lor yang disebabkan makin dangkalnya Sungai Sambong, tambatan kapal yang kurang tertata. Di wilayah Watesalit dan Kalipucang pun rawan terjadi banjir karena penyempitan sungai," ujarnya.

Selain itu, kurang tingginya kesadaran masyarakat terhadap sampah juga menjadi faktor utama.

"Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, karena sampah yang menumpuk di sungai tentu akan menjadikan aliran air tidak lancar," imbuhnya

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemungkinan munculnya cuaca ekstrem yang setiap saat bisa mengintai.
Hug

“Antara bulan Desember-Januari rawan munculnya cuaca ekstrim, seperti angin disertai hujan. Untuk mencegah timbulnya banjir, mari bersama kita lakukan pencegahan minimal tidak membuang sampah sembarangan,"pungkasnya. (*)
 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved