Berita Lampung

Densus 88 Kembali Amankan Satu Terduga Teroris di Lampung, Total 8 Orang Terkait JI Ditangkap

Penanggung jawab wilayah kelompok JI di wilayah Lampung ditangkap Densus 88 Antiteror.

Editor: sujarwo
Antara
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Penanggung jawab wilayah kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di wilayah Lampung ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror.

Seorang mekanik bengkel berinisial P (40) itu ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sukabumi pada Senin (8/11/2021) sekitar pukul 16.45 WIB.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad membenarkan adanya penangkapan terduga teroris tersebut oleh Densus 88 Antiteror tersebut.

"Benar, ada penangkapan seseorang yang patut diduga sebagai pelaku terorisme oleh Tim Densus 88 Polri," kata Pandra saat dihubungi, Senin malam.

Menurut Pandra, penangkapan tersebut adalah hasil pengembangan oleh Densus 88 Antiteror dari para terduga teroris yang sebelumnya telah ditangkap di sejumlah wilayah di Lampung beberapa hari lalu.

"Ini merupakan hasil pengembangan terhadap pelaku terorisme yang ditangkap sebelumnya. Kita ketahui bahwa Densus 88 tidak pernah lelah dalam memberantas para terduga teroris," kata Pandra.

Pandra menambahkan, terduga pelaku berinisial P tersebut bekerja sebagai montir di salah satu bengkel yang ada di Bandar Lampung.

Selain itu, terduga pelaku P merupakan seorang Ketua Umum Iqtisod Korwil Lampung yang juga sekaligus sebagai penanggung jawab wilayah kelompok JI Pesawaran, Pringsewu, dan Bandar Lampung.

Dalam penangkapan tersebut, lanjut Pandra, terduga pelaku P cukup kooperatif dan mau memberikan keterangan lebih lanjut sehingga penyelidikan berjalan dengan lancar.

"Selanjutnya terduga P dilakukan pemeriksaan sesuai dengan Undang-undang No.5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Undang-undang No.15 Tahun 2003 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No.1 Tahun 2002 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme," kata Pandra.

Dengan ditangkapnya terduga pelaku P, hingga hari ini total ada delapan orang terkait JI yang ditangkap di Lampung. Beberapa di antaranya merupakan pengurus Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) Lampung. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved