Breaking News:

Liputan Khusus

Liputan Khusus : Gunakan Switch Khusus yang Dikamuflase,  Antisipasi Pencurian Mobil

Demi menjaga kendaraan supaya aman dari pencurian, sebagian pemilik mencoba memasang GPS supaya bisa diketahui posisinya.

SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com
Ilustrasi pencurian mobil. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Demi menjaga kendaraan supaya aman dari pencurian, sebagian pemilik mencoba memasang GPS supaya bisa diketahui posisinya.

Namun, hal itu ternyata juga masih rentan diakali, karena pencuri sekarang sudah tahu bagaimana caranya.

Ada satu hal lagi yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil, yakni dengan memasang switch atau saklar tersembunyi di kendaraan.

Hal itu disarankan oleh pemilik bengkel Plat H, Budi Suminarto.

Budi mengatakan, saklar yang dimaksud bisa diletakkan di posisi tertentu yang tersembunyi, maupun dikamuflase dengan tombol yang ada di mobil.

Saklar tersebut terhubung dengan sistem pengapian kendaraan.

"Itu kalau sudah diaktifkan, mobil udah enggak akan bisa hidup lagi. Selagi pencuri tidak tahu posisi switchnya," terangnya.

Sebab menurutnya, segala fitur keamanan yang ada di mobil sekarang sudah bisa dibobol oleh pencuri. Baik keyless, immobilizer, maupun GPS.

"Ada alat khusus untuk mematikan immobilizer di mobil. Tinggal di scan aja selesai. Tapi kalau switch itu enggak mungkin pake alat apapun. Asal posisinya tidak diketahui pencuri," tegasnya.

Meskipun sudah dilengkapi dengan alat tersebut, Budi menyarankan untuk berhati-hati dalam memilih lokasi parkir. Sebab, pencuri tidak hanya punya niat, tapi kadang ada pula kesempatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved