Breaking News:

Berita Batang

Petanesia Batang Kenalkan Wisata Budaya Desa Silurah ke Komunitas Pecinta Alam 

DPC Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa silurah sebagai wisata budaya.

Penulis: dina indriani | Editor: moh anhar
Dokumentasi Diskominfo Batang
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama, Sabtu (13/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang memperkenalkan Desa silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama.

Ketua DPC Kabupaten Batang Mustofa mengatakan Petanesia merupakan organisasi yang didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya berawal keprihatinan tentang NKRI yang saat ini sedang digoyang separatisme, radikalisme, dan terorisme. 

"Maka dari itu beliau ingin pemuda-pemuda yang ada di Indonesia itu cinta tanah air indonesia, salah satunya mengenal sejarah dan wisata yang ada di Desa Silurah," tuturnya, Minggu (14/11/2021).

Baca juga: Mobil Dijual Baru dan Bekas di Semarang Murah Berkualitas, Minggu 14 November 2021

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Adakan Praktik Bekam

Baca juga: Inilah Sosok MU Istri Tersangka Narkoba Ditiduri Bripka Rahmat Polisi Saat Hamil: Minta Digugurkan

Lebih lanjut, Petanesia bergerak pada budaya, tradisi, sejarah dalam penekannya yang melibatkan lintas agama dan budaya. 

Karena di Petanesia sendiri ada salah satu divisi yang mengurusi tentang pariwisatanya. 

Pihaknya memilih Desa Silurah karena mempunyai banyak keunikan budaya mungkin nomor satu di Kabupaten Batang tetapi selama ini belum terlalu terekspos oleh masyarakat di luar daerah. 

"Karena itu kita mendatangkan pecinta alam untuk mengadakan kegiatan disini, ada sekitar 70 orang peserta perwakilan dari pecinta alam berbagai daerah salah satunya dari Sutubondo Jatim, agar mereka bisa mempublikasikan di media sosial atau bercerita nanti dengan teman-teman mereka sesama pecinta alam,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Batang Yarsono mengatakan salah satu divisi Petanesia itu fokus pada pariwisatanya yang mempunyai kegiatan mengenalkan wisata di Kabupaten Batang jadi nantinya akan saling bekerja sama dengan Disparpora Kabupaten Batang.

“Wisata yang akan diperkenalkan pada waktu dekat ini khusus yang visi misinya Bapak Bupati Batang Wihaji dengan 4si yaitu Sikembang, Sikuping, Sigandu, dan Silurah, di Desa Silurah akan mengangkat sejarah dan budayanya,” ujarnya.

Dijelaskannya, Desa Silurah sendiri ada patung ganesha dan untuk saat ini juga sedang proses membangun taman syailendra sehingga akan menjadi daya tarik wisata untuk masyarakat luar daerah. 

Baca juga: 30 Tahun Power Slaves, Heydi Ibrahim: Cerita Perjalanan Bermusik yang Tidak Mudah

Baca juga: Video Rob Banjiri Permukiman di Demak Sejak Pagi Hingga Sore

Baca juga: Henny Rahman Istri Alvin Faiz Kirim SMS ke Larissa Chou: Aku Lebih Cantik dan Lebih Baik dari Kamu

Taman ini juga bisa menjadi ikon untuk Kabupaten Batang dari segi wisata budayanya.

"Harapannya dari kegiatan positif ini,  Petanesia bisa terus melakukan wisata lainnya yang ada di Kabupaten Batang agar mimpi kita heaven of asia 2022 dapat terwujud," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved