Breaking News:

Berita Kudus

Pengawas Internal Pemerintah di Kudus Diharapkan Tingkatkan Kinerja

APIP dalam hal ini inspektorat miliki peran penting dalam menjamin SDM di Pemkab Kudus.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo menyerahkan penghargaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam gelar pengawasan daerah di Hotel Griptha Kudus, Senin (22/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) dalam hal ini inspektorat di daerah memiliki peran penting dalam menjamin sumber daya manusia di Pemerintah Kabupaten Kudus. Sebab, hal itu dapat menunjang pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Maka saya berharap Apip dapat meningkatkan kinerja pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta evaluasi terhadap hasil pengawasan, yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dan tata kelola pemerintahan di tahun mendatang,” ujar Bupati Kudus HM Hartopo dalam pembukaan rapat dinas gelar pengawasan daerah atau (Larwasda) di Majesty Palace Hotel Griptha Kudus, Senin (22/11/2021).

Sebagaimana tugas utamanya, kata Hartopo, APIP juga harus berperan sebagai quality assurance, yaitu menjamin suatu kegiatan berjalan secara efisien dan efektif sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Pada kesempatan ini, Hartopo juga berpesan kepada para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) agar tetap komitmen untuk menjaga indikator kinerja utama agar bisa dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Selain itu juga memberikan respons cepat terhadap temuan atas hasil pemeriksaan APIP agar semua aktivitas kegiatan yang menjadi tugas pokok kita bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

"Saya berharap bahwa kegiatan Larwasda yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya bukan sekadar seremonial saja, tetapi kegiatan ini dapat berfungsi sebagai evaluasi guna meningkatkan kinerja pada tahun mendatang," harapnya. 

Terakhir, Orang nomor satu di Kabupaten Kudus itu menegaskan bagi internal pegawai Inspektorat Kabupaten Kudus jangan sampai ditunggangi oleh kepentingan politik apapun jenisnya. 

"Saya imbau dan saya tegaskan APIP jangan sampai ditumpangi kepentingan politik apapun jenisnya. Saya juga harap instpektorat lebih bisa memberikan binaan pada tim auditornya. Semoga seluruh ASN dapat netral sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat bersih, transparan, dan akuntabel," tandasnya. 

Dalam kesempatan itu pula, Hartopo memberikan penghargaan untuk dinas yang mempunyai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terbaik 2020 yakni Disdukcapil, Dinas Kesehatan, dan Bappeda. Serta penghargaan untuk audit penyelesaian tercepat tindak lanjut tahun 2020 yakni Desa Glagah Kulon, Desa Getasrabi, dan Desa Cranggang.

Dalam Larwasda ini juga dihadiri perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Inspektur Provinsi Jawa Tengah, Sekda beserta para asisten, Kepala OPD, para Camat, kepala desa atau lurah, auditor dan fungsional umum pada Inspektorat Kabupaten Kudus. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved