Breaking News:

Berita Nasional

Sirkuit Mandalika Diusulkan Gelar Ajang Formula 1, Malaysia dan Singapura Saja Bisa

Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) diusulkan dapat menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) setelah sukses menyelenggarakan World Superbike (WSBK)

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara ornamen Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) diusulkan dapat menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) setelah sukses menyelenggarakan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021.

Hal itu diusulkan oleh Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade.

Menurut Andre Rosiade, Sirkuit Mandalika telah memiliki sejumlah fasilitas yang memadai untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil bergengsi tersebut.

"Peluang F1 ini besar, karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah sesuai untuk F1. Tinggal diutambahkan fasilitas penerangan dan sistem sinyal elektroniknya saja," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Fokus: Sirkuit Mandalika yang Bikin Gerah Dunia

Politikus Partai Gerindra itu menegaskan, usulan agar Mandalika menggelar F1 bukan sekadar untuk gaya-gayaan, apalagi membuang-buang uang.

Ia yakin, penyelenggaraan F1 di Mandalika dapat membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Usulan ini tidak muluk-muluk dan kami rasa layak untuk dipertimbangkan karena akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Malaysia dan Singapura saja bisa, tentu harapan kita semua Indonesia juga bisa,” kata Andre.

Andre pun berpandangan, penyelenggaraan WSBK 2021 dapat dikatakan sukses, tidak hanya dari sisi penyelenggaraan lombanya tetapi juga berhasil membantu percepatan pemulihan ekonomi di NTB.

"Hotel penuh, wisma penuh dan sampai rumah-rumah penduduk juga dipakai untuk tempat istirahat pengunjung. Belum lagi industri wisata dan UMKM lainnya,” ujar dia.

Ia berharap, kesuksesan menggelar WSBK 2021 dapat berlanjut pada tahun depan ketika Sirkuit Mandalika akan menggelar Moto GP, lomba balap motor yang lebih bergengsi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved