Breaking News:

Muktamar NU

19 PWNU Surati PBNU, Minta Gelar Konbes 7 Desember untuk Memastikan Muktamar NU

Sejumlah 19 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) telah berkirim surat ke PBNU meminta agar digelar Konferensi besar (Konbes) 7 Desember 2021 untuk

Penulis: m nur huda | Editor: m nur huda
Tangkap layar
Ketua PWNU NTB, Prof Masnun Tahir dalam konferensi pers Forum PWNU se Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (5/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM – Sejumlah 19 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) telah berkirim surat ke PBNU meminta agar menggelar Konferensi Besar (Konbes) 7 Desember 2021 untuk memastikan pelaksanaan Muktamar NU.

Ketua PWNU NTB, Prof Masnun Tahir, mengungkapkan, dalam surat dari 19 PWNU tersebut ditandatangani lengkap yakni Rais Syuriah PWNU, Katib Syuriah PWNU, Ketua Tanfidziyah PWNU, Sekretaris Tanfidziyah PWNU.

“Ini bentuk komitmen soliditas dari wilayah untuk menyelenggarakan Muktamar tahun ini, sebagaimana instruksi Rais Aam antara tanggal 17-19 Desember,” katanya dalam konferensi pers Forum PWNU se Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Kiai Muda Pesantren: Regenerasi Sangat Penting Sambut 100 Tahun NU

Baca juga: Said Aqil Surati Rais Aam PBNU, Bahas Jadwal Penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU di Lampung

Masnun Tahir mengungkapkan, sedianya ada 27 PWNU yang akan berkirim surat, namun 8 PWNU lainnya sedang dalam proses, karena jarak geografis antar-pengurus di daerah membutuhkan waktu.

“Karena harus ketemu Rois Syuriahnya masing-masing PWNU secara langsung untuk menjaga otentisitasnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, PWNU se Indonesia mendesak PBNU untuk menggelar Konbes pada 7 Desember 2021 mendatang yang substansinya memastikan waktu pelaksanaan Muktamar ke-34.

“Kalau diundur-undur itu tidak jelas dan membuat pengurus cabang dan wilayah tidak percaya pada legitimasi pusat. Saya kira ini sudah solid dan legitimate untuk Konbes, sebab yang memilih kan PWNU dan Cabang, bahkan cabang-cabang sudah siap berangkat dan beli tiket,” tegasnya.

Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Prof Moh Mukri dalam konferensi pers Forum PWNU se Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (5/12/2021).
Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Prof Moh Mukri dalam konferensi pers Forum PWNU se Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Minggu (5/12/2021). (Tangkap layar)

Sementara Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Prof Moh Mukri mengatakan, Lampung sudah siap melaksanakan Muktamar NU, baik dari insrastruktur maupun fasilitas penunjang lainnya.

“Lampung kalau ditanya siap atau tidak, selalu siap, sejak tahun 2020 saja kita sudah siap, masa sekarang tidak siap. Tinggal mau milih di mana, kami siap. Tinggal panitia pusat mau atau tidak,” ungkapnya.

Rektor UIN Radin Intan Lampung ini justeru melihat ada keraguan bagi panitia pusat untuk menggelar Muktamar NU di Lampung. Padahal, pihaknya sebagai panitia daerah menurutnya lebih tahu tentang kebutuhan teknis.

“Tidak ada sedikitpun keraguan bagi kami panitia lokal untuk menyelenggarakan, besok pun kami siap,” ujarnya.

Ia menegaskan, Muktamar NU harus secepatnya diselenggarakan demi menjaga marwah NU dan soliditas organisasi.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved