Berita Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo Beri Waktu Dua Minggu pada Tiga Daerah di Jateng Percepat Vaksinasi

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beri waktu selama dua minggu kepada tiga daerah di Jateng yang capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/FAJAR BAHRUDDIN
Suasana vaksinasi Covid-19 malam hari di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberikan waktu selama dua minggu kepada tiga daerah di Jateng yang capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen.

Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang. Ketiga daerah itu diminta untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasinya.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengikuti Rapat Koordinasi secara virtual tentang Kesiapan Penerapan PPKM Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Percepatan Vaksinasi serta Belanja Daerah APBD dan Rakor Kemiskinan yang dipimpin Mendagri, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Tim Pencari Korban Lahar Dingin Gunung Merapi Temukan Jenazah Hendri Susanto Terpendam Pasir 3 Meter

Baca juga: Berikut Data Tiga Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Pasar Cilongok Banyumas yang Tewaskan Satu Orang

"Saya minta dalam dua minggu ini digenjot habis-habisan. Kalau memang gak mampu kita kerahkan kekuatan untuk membantu di tiga tempat ini agar terjadi peningkatan yang signifikan," kata Ganjar.

Dalam rapat koordinasi virtual itu, Mendagri Tito Karnavian mengimbau kepada pemerintah daerah untuk kembali mempercepat vaksinasi.

Momentum Nataru harus digunakan sebaik-baiknya agar target vaksinasi rata-rata 70% tercapai. Ganjar mengaku telah menghubungi kepala daerah di tiga kabupaten yang dimaksud.

"Karena persentasenya masih kecil meskipun sudah di atas 50 (persen), kami mau rata-rata 70 (persen) lah perintah Presiden kan segitu," jelasnya.

Ganjar menegaskan, pemerintah daerah di tiga kabupaten tersebut harus bisa melaksanakan percepatan vaksinasi. Apalagi saat ini jumlah vaksinnya sudah lebih banyak.

"Pak presiden kan sudah memberikan banyak kemudahan sekarang ngga ada alesan vaksin sudah banyak," ujarnya.

Baca juga: 2 Nelayan Pati Hilang, 1 Sudah Ditemukan Kondisi Tak Bernyawa di Perairan Rembang

Baca juga: Jalan Penghubung Sidomakmur-Jatirejo Kendal Dibeton, Warga Antusias, Berharap Bisa Segera Digunakan

Perintah Presiden soal target capaian vaksin tersebut, kata Ganjar, harus segera dieksekusi. Ganjar mengatakan pihaknya bersedia membantu jika daerah tersebut tidak mampu melakukan percepatan vaksin.

"Saya kira apa yang disampaikan pak presiden mesti kita eksekusi di lapangan, tiga kabupaten ini akan kita kasih bantuan kalau nanti dia nggak mampu," tuturnya. (Nal)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved