Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas

Bea Cukai Tanjung Emas Serahkan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai untuk Dimusnahkan

Bea Cukai Tanjung Emas melaksanakan kegiatan penyerahan Barang Milik Negara Eks Kepabeanan dan Cukai kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jateng.

Editor: abduh imanulhaq
BEA CUKAI TANJUNG EMAS
Bea Cukai Tanjung Emas Serahkan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai Untuk Dimusnahkan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bea Cukai Tanjung Emas melaksanakan kegiatan penyerahan Barang Milik Negara Eks Kepabeanan dan Cukai kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dengan disaksikan oleh KPKNL Semarang dan Perwakilan Terminal Peti Kemas Semarang, Kamis (9/12).

Adapun BMN Eks Kepabeanan dan Cukai tersebut berupa Cicak yang sudah dikeringkan dengan jumlah sebanyak 92 karton.

“Barang tersebut kami tegah karna pemilik barang tidak mampu menunjukan kelengkapan surat yang diterbitkan oleh BKSDA Jawa Tengah. Selanjutnya kami menyerahkan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai ini kepada rekan-rekan BKSDA, untuk selanjutnya dapat dilakukan pemusnahan sesuai ketentuan dari KPKNL Semarang” ucap I Ketut Ardika Julistyawan, selaku perwakilan dari Bea Cukai Tanjung Emas.

Barang tersebut merupakan hasil penegahan seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Tanjung Emas pada bulan Januari lalu, dikarenakan eksportir tidak mampu memenuhi ketentuan sesuai yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 122 tahun 2018 tentang Ketentuan Ekspor Tumbuhan Alam dan Satwa Liar Yang Tidak Dilindungi Undang-Undang Dan Termasuk Dalam Daftar CITES.

Kepala BKSDA Jawa tengah, Darmanto, mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bea Cukai Tanjung Emas.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kementerian Keuangan utamanya Bea Cukai Tanjung Emas atas peran yang diberikan dalam menunjang dan membantu tupoksi BKSDA dalam pengawasan satwa maupun tumbuhan yang akan diekspor, dan kedepannya kami harapkan akan lebih banyak lagi kerjasama diantara Bea Cukai dan BKSDA dalam hal pengawasan satwa dan tumbuhan yang dilindungi baik yang diimpor maupun yang akan diekspor,” ucap Darmanto.

Adapun penyerahan BMN Eks Kepabeanan dan Cukai untuk selanjutnya dimusnahkan ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 178/PMK.04/2019 tentang Penyelesaian Terhadap Barang Yang Dinyatakan Tidak Dikuasai, Barang Yang dikuasai Negara dan Barang Yang Menjadi Milik Negara.

Pemusnahan dilakukan dalam hal 1. Barang yang menjadi milik negara tidak dapat digunakan, tidak dapat dimanfaatkan dan tidak dapat dihibahkan ; 2. Tidak mempunyai nilai ekonomis; 3. Dilarang diekspor atau diimpor; dan/atau 4. Berdasarkan peraturan perundang-undangan harus dimusnahkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved