Breaking News:

Berita Jepara

Kelurahan Bandengan Pekalongan Jadi Kelurahan Tangguh Bencana

BPBD Kota Pekalongan mulai mewujudkan mulai mewujudkan kelurahan tangguh bencana dimulai dengan Kelurahan Bandengan.

Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Dimas Arga Yudha 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - BPBD Kota Pekalongan mulai mewujudkan mulai mewujudkan kelurahan tangguh bencana dimulai dengan Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Kelurahan tangguh bencana yang rencananya akan mulai dibentuk awal tahun 2022, kini start lebih awal di Desember 2021.


Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD, Dimas Arga Yudha mengatakan, bahwa Kelurahan Bandengan mengawali kelurahan tangguh bencana dengan pendampingan yang dilakukan oleh yayasan Bintari Semarang dan berkolaborasi dengan BPBD.


"Kelurahan tangguh bencana ini dapat kita mulai lebih awal, karena program dari Yayasan Bintari selaras dengan program BPBD," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD, Dimas Arga Yudha kepada Tribunjateng.com, Rabu (15/12/2021).

Dijelaskan Dimas, kelurahan tangguh bencana ini dapat mengurangi dampak resiko dan menguatkan masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Kita bangun Kelurahan Tangguh Bencana mulai dari Bandengan. Kita rancang dan petakan potensi bencana di Bandengan, sehingga nantinya masyarakat lebih siaga dan mampu mandiri," jelasnya.


Menurutnya, setiap kelurahan di Kota Pekalongan memiliki potensi bencana masing-masing. BPBD akan lakukan, mitigasi struktural agar seluruh komponen masyarakat terlibat.


"Nanti masyarakat belajar mengevakuasi masyarakat lainnya, misalnya untuk evakuasi lansia atau warga rentan lainnya. Nantinya juga ditentukan titik kumpul di level kelurahan," ujarnya.

Baca juga: Berkali-kali Komentator Ucapkan Alhamdulillah, Hasil Babak II Skor 0-0 Timnas Indonesia Vs Vietnam

Baca juga: Susunan Pemain Rans Cilegon FC vs Persis Solo Liga 2 2021: Pemain Baru Masuk Line Up


Pihaknya menambahkan, ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat sekaligus meminimalkan dampak dari bencana. Kelurahan tangguh bencana ini ditargetkan terbentuk di 27 kelurahan se-Kota Pekalongan.


"Jadi jika ini terbentuk, kemudian dianalisis potensi bencananya, dan kapasitas masyarakatnya ditingkatkan. Harapannya terwujud masyarakat Kota Pekalongan yang tangguh dan mandiri menghadapi bencana," tambahnya. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved