Breaking News:

Berita Semarang

Wawalkot Pekalongan: Bantuan Jaring dan Jala untuk Nelayan Jangan Dijual

Sebanyak 40 nelayan yang ada di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
Dok Kominfo Kota Pekalongan
Wawalkot Pekalongan Salahudin saat menyerahkan bantuan jala dan jaring untuk nelayan di aula Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sebanyak 40 nelayan yang ada di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan mendapatkan bantuan alat penangkap ikan berupa jaring dan jala dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin mengaku bersyukur, Pemerintah Kota Pekalongan bisa memberikan bantuan jala dan jaring untuk nelayan.

"Saya berpesan bantuan jaring dan jala, agar tidak menjual bantuan tersebut," kata Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin usai menyerahkan bantuan jala dan jaring bagi nelayan di aula Kelurahan Degayu, Minggu (19/12/2021).

Wawalkot Salahudin mengungkapkan, bantuan jaring dan jala ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung kegiatan aktivitasnya sehari-hari dalam menangkap ikan.


Pihaknya berharap, para nelayan dalam menangkap ikan bisa senantiasa menjaga kelangsungan ekosistem air.

"Jika nanti hasil tangkapannya bagus dan berkembang, nanti pemkot melalui DKP bisa mengusulkan program-program bantuan yang lain.

Kami berharap, para nelayan dan masyarakat luas bisa bersama-sama mengurangi pencemaran air, bahkan sudah ada pembuatan bagan di tengah laut dengan dana kerjasama Pemerintah Provinsi sebagai inovasi sebagai penangkap ikan pasif tanpa berpindah tempat, kalau misal berhasil ke depan akan kita kembangkan melalui APBD Kota Pekalongan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DKP Kota Pekalongan Agus Jati Waluyo menjelaskan, bantuan jaring dan jala ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Pekalongan dalam memberikan dukungan sarana kerja bagi nelayan.

Disampaikan Jati, bantuan ini setidaknya bisa membantu para nelayan untuk memudahkan para nelayan mencari nafkah dengan cara menjala/menjaring ikan,sehingga diharapkan ada sebuah peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi mereka.

"Ada 40 buah bantuan yang diserahkan kepada nelayan di Kelurahan Degayu, terdiri dari 27 buah jala dan 13 buah jaring".

"Kondisi jala dan jaring nelayan yang sering digunakan melaut sudah usang dan rusak. Sehingga, diberikannya bantuan ini agar para nelayan bisa bersemangat menangkap ikan," tambahnya. (Dro)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved