Breaking News:

Berita Purbalingga

Siap-siap, 92.635 Anak Usia 6-11 Tahun di Purbalingga Akan Mulai Divaksin Pekan Ini

Sebanyak 92.635 anak berusia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Purbalingga akan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 minggu ini. 

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
Dokumentasi Kominfo Purbalingga
Penyampaian materi sosialisasi vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Rumah Makan Collaboration Bancar Purbalingga, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA -  Sebanyak 92.635 anak berusia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Purbalingga akan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 minggu ini. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Jusi Febrianto saat menyampaikan materi sosialisasi vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Rumah Makan Collaboration Bancar Purbalingga, Selasa (21/12/2021).

Jusi mengatakan, case fatality rate dari anak-anak lebih rendah daripada orang dewasa yang lebih tinggi resikonya terhadap gejala Covid-19 yang berujung pada kematian. 

Baca juga: Tim UHB Archery Kembali Naik Podium Dalam Turnamen Barebow Jateng 2021

Baca juga: Perkuat Sinergi, UIN Walisongo Semarang dan IAIN Batusangkar Tandatangani MoU

Namun demikian, vaksinasi perlu dilakukan kepada anak untuk memaksimalkan herd immunity (kekebalan komunal) karena Covid-19 yang ada pada anak bisa jadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Imunitas pada anak lebih bagus daripada orang dewasa dan itu bisa saja OTG. 

OTG bisa menyebarkan virus. 

Vaksinasi tersebut bertujuan agar kita bisa 'membingungkan' virus masuk ke dalam tubuh termasuk anak-anak," katanya kepada Tribunjateng.com.

Jusi menegaskan, vaksin yang akan digunakan untuk anak berusia 6-11 tahun tersebut adalah Sinovac dan menurut ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization) penggunaan Sinovac sudah melalui serangkaian uji. 

Dosis satu kali suntikan sama dengan orang dewasa yaitu 0,5 ml.

"Bedanya adalah vaksinasi pada anak harus didampingi oleh orang tuanya karena anak-anak akan lebih tenang apabila ada orang tuanya," jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved