Breaking News:

Berita Purbalingga

Bobotsari Purbalingga Akan Jadi Kawasan Industri, Pengelolaan Sampah Dipikirkan secara Matang

Rencana pengembangan Bobotsari menjadi kawasan industri menimbulkan isu yang sama dengan perkotaan lain, yaitu sampah. 

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: moh anhar
Humas Pemkab Purbalingga
Penyampaian Ekspos Akhir RDTR (Rencana Detail Tata Ruang), Senin (20/12/2021) di ruang rapat Bupati. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Rencana pengembangan Bobotsari menjadi kawasan industri menimbulkan isu yang sama dengan perkotaan lain, yaitu sampah. 

Hal tersebut disampaikan Kepala DPU PR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), Cahyo Rudiyanto saat menyampaikan paparan Ekspos Akhir RDTR (Rencana Detail Tata Ruang), Senin (20/12/2021) di ruang rapat Bupati.

Cahyo mengatakan, isu klasik dari sebuah pengembangan kota adalah sampah dan limbah yang bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Baca juga: Densus 88 Bongkar Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Tiga Orang Ditangkap di Palangkaraya

Baca juga: Orang-orang Sewa Joki Vaksin Abdul Rahim Karena Takut Jarum Suntik

Menurutnya, semakin maju sebuah kawasan atau kota maka semakin kompleks pula permasalahan yang dihadapi termasuk isu sampah.

"Dalam mengembangkan sebuah kawasan atau kota, masalah sampah menjadi isu klasik yang harus mendapatkan penanganan preventif," katanya kepada Tribunjateng.com, dalam rilis. 

Dalam mengembangkan kawasan Bobotsari yang melibatkan Desa di dua Kecamatan (Bobotsari dan Mrebet), pihaknya telah membuat beberapa perencanaan. 

Perencanaan itu diantaranya menyediakan sarana dan prasarana persampahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pengembangan TPS 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).

"TPS akan dibuat dengan mendasarkan bagaimana mengurangi jumlah sampah, bagaimana penggunaannya kembali serta bagaimana daur ulangnya," terangnya. 

Dia menambahkan, langkah lain adalah optimalisasi bank sampah eksisting. 

Kemudian pengembangan rencana bank sampah baru dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengolahan sampah secara individu maupun terpusat di TPS 3R. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved