Breaking News:

Berita Pekalongan

Bunda PAUD Inggit Soraya Ajak Pantau Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Tumbuh kembang pada anak perlu diperhatikan dan dipantau sejak anak  lahir.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok Kominfo Kota Pekalongan
Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya (kiri) saat menghadiri deteksi dini tumbuh kembang pada balita secara virtual. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Tumbuh kembang pada anak perlu diperhatikan dan dipantau sejak anak  lahir, hal ini dilakukan agar ketika terdapat kelainan tumbuh kembang  dapat terdeteksi sejak awal.

Sebagai upaya untuk meminimalisir risiko keterlambatan dalam penanganan  kelainan tumbuh kembang pada anak , Rumah Sakit HA Zaky Djunaid bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan dan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD menyelenggarakan seminar deteksi dini tumbuh Kembang pada balita secara virtual. 

Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya menilai seminar ini sangat penting dan bermanfaat, karena dapat menambah pengetahuan deteksi tentang tumbuh kembang balita khususnya bagi para tenaga pendidik PAUD. 

"Seminar ini sangat bagus, karena sebagai upaya peningkatan kompetensi guru PAUD dengan menambah pengetahuan deteksi tumbuh kembang sejak dini. Deteksi dini, tumbuh kembang untuk anak-anak ini perlu kita ketahui  dari mulai lahir dari masa emas, karena jika ada keterlambatan itu akan mengakibatkan tumbuh kembangnya ini menjadi fatal," kata Bunda PAUD Kota Pekalongan Inggit Soraya, Selasa (28/12/2021).

Inggit berharap orang tua dan guru pendidik PAUD untuk selalu memantau tumbuh kembang sang anak, sehingga jika terjadi kelainan tumbuh kembang pada anak dapat cepat tertangani.

Sementara itu, drg. Jalu Perdana Putra selaku panitia penyelenggara mengatakan, ada 80 guru PAUD yang hadir secara virtual dalam kegiatan webinar tersebut. 

"Audiens dalam seminar terdiri dari guru PAUD se-Kota Pekalongan, kami sangat senang karena yang berpartisipasi tadi jumlahnya cukup banyak, untuk pemateri kami hadirkan dr. Yulianti, Sp. KFR dari poli tumbuh kembang anak di RS Djunaid, yang memang secara khusus menangani pasien kaitannya dengan tumbuh kembang pada anak-anak," katanya.

Drg. Jalu berharap, seminar seputar tumbuh kembang anak rutin diadakan supaya pihaknya dapat terus mengedukasi dan menyamakan presepsi.

"Semoga seminar seperti ini tidak hanya sekali, sehingga kita bisa saling bersinergi dan menjadi garda terdepan dan mampu menangani, menyamakan presepsi dan mengedukasi masyarakat luas," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved