Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Menentukan Target Pasar dengan Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial

PERKEMBANGAN media sosial di Indonesia saat ini sudah berkembang pesat dari tahun tahun sebelumnya.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Geraldus Tegar M, Mahasiswa Program Studi Manajemen Unkartur Semarang 

Oleh: Geraldus Tegar M, Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nasional Karangturi

PERKEMBANGAN media sosial di Indonesia saat ini sudah berkembang pesat dari tahun tahun sebelumnya. Sekitar 10 tahun yang lalu media sosial masih sangatlah jarang kita temui. Saat itu masih menggunakan perangkat PC/Laptop dan hanya sedikit orang saja yang menggunakan media sosial tersebut. Tapi saat ini bisa dikatakan tidak ada orang yang tidak menggunakan media sosial, mulai dari anak kecil bahkan sampai orang tua sekalipun pasti menggunakan media sosial. Dengan perkembangan seperti itu sekarang media sosial pun sudah bukan lagi untuk ajang memamerkan foto/video saja, tetapi sekarang sudah mulai untuk berjualan produk maupun jasa.

Berbagai macam usaha dari perusahaan tingkat corporate sampai ke UMKM pun sudah mulai menggunakan media sosial sebagai tempat beriklan, mengadakan live event, bahkan sebagai tempat sarana saran dan masukan produk/jasa kita. Tujuan dibuatnya essay ini adalah untuk mendapatkan ilmu bagaimana cara kita memasarkan produk secara online dengan tepat sasaran, menambah ketrampilan serta wawasan berkaitan tentang pemasaran melalui media sosial secara online.

Pemanfaatan media sosial untuk menentukan target pasar sendiri, tentunya berkaitan erat dengan digital marketing yang berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan disrupsi inovasi di Indonesia. Meluasnya penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dielakkan perkembangannya. Berdasarkan data google tahun 2017, 34 % pebisnis sudah sudah mengintegrasikan marketing digital dalam perencanaan strategis perusahaan. Sedangkan, sekitar 72 % para pemasar mengatakan bahwa marketing konvensional tidak lagi cukup melakukan program-program marketingnya. Para pebisnis pun saat ini sudah meningkatkan anggaran bisnis melalui sebesar 80 %. Fenomena ini menjelaskan bahwa marketing masa depan adalah marketing digital.

Moda komunikasi media sosial dalam marketing digital sangat adaptif, lebih cepat dan bisa dikuantifikasi. UMKM dan para bisnis start-up saat ini bisa mendapatkan akses pasar yang jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya. Kelebihan dari digital marketing melalui media sosial dibandingkan dengan marketing konvensional, yaitu kemampuannya dalam melibatkan multikonsumen tanpa menggunakan service center sehingga sangat efisien serta kemudahan komunikasi dengan menggunakan marketing media sosial bisa berjalan lebih efektif. Para pengiklan di media konvensional pun sekarang mulai mengalihkan media iklannya ke media online dan sosial media. Di samping penggunaan di bidang sosial media.

Dengan bantuan berbagai insight yang ada di media sosial, kita bisa menentukan target yang sesuai dengan sasaran kita seperti menentukan waktu yang tepat kapan kita memposting, rata rata sejauh ini watu yang paling tepat adalah sekitar pukul 17.00 - 19.00 di waktu ini kebanyakan orang orang memiliki waktu yang senggang atau sudah selesai dengan segala kesibukan mereka. Kemudian isi konten yang menarik, kita harus membuat isi konten yang sesuai dan menarik serta mengikuti tren saat ini, kita harus memperhatikan pengambilan gambar, penggunaan font serta penggunaan caption dan tanda pagar/ hastag. Saat ini pun kita bisa mengikuti tren dengan menggunakan video pendek seperti TikTok untuk menjadikan sarana promosi kita supaya informsi yang kita berikan tersebar luas.

Agar semakin tepat sasaran, kita harus memperhatikan umur dan kota pengguna media sosial dari sasaran target pasar kita apakah sudah sesuai dengan produk yang kita pasarkan agar kita bisa menganalisis lebih lanjut dan kita bisa membuat strategi strategi berikutnya. Selain itu, kita bisa memanfaatkan lebih dari satu kanal medial sosial agar jangkauan informasi yang kita berikan bisa tersebar lebih luas. Dengan berbagai macam penggunaan media sosial kita pun bisa melakukan survei pada followers kita dengan melibatkan ke dalam berbagai macam game ataupun kuis yang berisikan minat dan hal apa saja yang disukai oleh para followers di saat sekarang, karena media sosial sendiri selalu berkembang mengikuti tren yang sedang paling diminati saat ini, jadi kita pun juga harus selalu mengikuti tren dan mengemas iklan produk kita agar semakin menjangkau target pasar kita. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved