Breaking News:

Universitas Islam Sultan Agung

FBIK Unissula Semarang Gelar Seminar Internasional dengan Kemenlu Belanda

Seminar yang berlangsung secara virtual ini menghadirkan narasumber dari organisasi di bawah Kementrian Luar Negeri Belanda, Maarten van Wijk.

Editor: abduh imanulhaq
UNISSULA SEMARANG
Maarten van Wijk, narasumber dari organisasi di bawah Kementerian Luar Negeri Belanda 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di pengujung tahun 2021, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula Semarang menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema perencanaan dan pengelolaan bisnis bagi pemula.

Seminar yang berlangsung secara virtual ini menghadirkan narasumber dari organisasi di bawah Kementerian Luar Negeri Belanda, Maarten van Wijk.

Kurniawan Yudhi Nugroho SPd MPd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada narasumber yang sudah bersedia bergabung.

“Terima kasih juga kepada para peserta yang hadir, mayoritas adalah generasi Zilenial,” ungkap Dekan FBIK Unissula tersebut sekaligus membuka acara seminar.

Di dalam presentasinya, narasumber memaparkan terkait proses bisnis, cara memulai dan bagaimana mengelola bisnis agar potensi kerugian bisa ditekan.

Dia juga memotivasi para peserta agar tidak takut dalam memulai dan tidak menjadikan kekhawatiran sebagai alasan untuk menunda berbisnis.

“Tidak ada bisnis yang tidak menghadapi masalah, karena masalah adalah bagian dari proses,” ungkapnya yang juga seorang professional.

Dia pernah berkarir sebagai general manager di hotel dan resort papan atas di Amerika Serikat selama lebih dari 20 tahun.

Sebagai penutup, ia menegaskan perlunya perencanaan bisnis selain kesabaran, ketekunan, keseriusan, konsistensi, kerja keras, dan juga kerja cerdas.

“Selain memerlukan kesabaran, ketekunan, keseriusan, konsistensi, kerja keras dan juga kerja cerdas, perencanaan bisnis perlu mempertimbangkan lima P, yaitu product, price, promotion, place and people,” tandasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved