Breaking News:

Harga Sejumlah Bahan Pokok Penting di Pasar Sragen Sudah Jinak Selepas Tahun Baru

Harga bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) di Kabupaten Sragen terlebih di tiga pasar induk Sragen sudah mulai mengalami penurunan.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Suasana pasar sore di barat Pasar Bunder, Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Harga bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) di Kabupaten Sragen terlebih di tiga pasar induk Sragen sudah mulai mengalami penurunan.

Terlebih harga cabai rawit merah telah turun di harga Rp 38 ribu per kilogramnya di Pasar Bunder Sragen.

Padahal pada Desember lalu harga cabai rawit merah mencapai Rp 55 ribu per kilogram.

Kasi Pengawasan Distribusi Perdagangan, Kunto Widyastuti kepada Tribunjateng.com mengatakan penurunan harga bapokting sudah berlangsung satu pekan terakhir.

"Harga cabai mulai beranjak turun, kira-kira sudah seminggunan ini," kata Kunto, Jumat (7/1/2022).

Kembali turunnya harga bapokting terlebih cabai ini dilanjutkan karena faktor ketersediaan yang sudah banyak dan permintaan tidak terlalu banyak.

Untuk stok cabai di Sragen sendiri, Kunto mengatakan banyak berasal dari luar daerah atau berasal dari daerah sentra. Sementara cabai lokal Sragen sangatlah sedikit.

"Daerah sentra ini seperti Ngrambe, Nganjuk, Banyuwangi, Situbondo, Trenggalek, Blitar hingga Temanggung," lanjut dia.

Sementara untuk harga cabai lainnya seperti cabai merah besar biasa besar turun dari Rp 19 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram di Pasar Bunder Sragen.

Cabai merah besar keriting Rp 18 ribu dan cabai rawit hijau masih tinggi yakni Rp 40 ribu per kilogram di Pasar Bunder Sragen.

Harga bapokting yang juga sempat pada Desember lalu ialah telur ayam. Kunto mengatakan harga telur ayam juga sudah mulai turun, yakni Rp 23 ribu per kilogram untuk ayam ras.

Harga ini sudah relatif turun dari harga tinggi sebelumnya yang mencapai Rp 32 ribu per kilogram. Sementara telur ayam kampung Rp 40 ribu per kilogram.

Minyak goreng juga sudah mulai turun, yakni Rp 19 ribu untuk minyak goreng dalam kemasan. Minyak goreng curah Rp 16 ribu dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 17,5 per liternya.

Harga beras premium masih di harga Rp 12 ribu, gula pasir Rp 12,5 ribu. Daging ayam ras Rp 35 ribu dan ayam kampung Rp 65 ribu. (uti)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved