Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Ngaji Bareng Rektor UMP Purwokerto, Berjuang Ikhlas Wujudkan Sekolah Berkualitas

Ngaji Bareng yang bertajuk Berjuang dengan Iklas Kita Wujudkan Sekolah Berkualitas itu digelar di Gedung Baru TK Aisiyah Sidabowa, Ahad, (6/1/2022).

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso dalam acara Ngaji Bareng di Gedung Baru TK Aisiyah Sidabowa, Minggu (6/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sidabowa, Patikraja, Banyumas Jawa Tengah menggelar pengajian dengan menghadirkan Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso.

Ngaji Bareng yang bertajuk Berjuang dengan Iklas Kita Wujudkan Sekolah Berkualitas itu digelar di Gedung Baru TK Aisiyah Sidabowa, Minggu (6/1/2022).

Dalam ceramahnya Dr Jebul menyampaikan salah satu pola ukur pendidikan di Indonesia adalah bagaimana orang tersebut bisa memanfaatkan sumber ilmu.

Dua kombinasi ilmu agama dan ilmu sekuler bisa memberikan kekuatan anak bangsa dengan tiga tujuan utama.

“Pertama berbudi pekerti luhur, berpengetahuan dimana agama sebagai modal hidup baik dan ilmu yang umum sebagai modal untuk eksis di dunia, dan ketiga bekerja keras untuk kemasyarakatan umat. Orang yang mau bekerja untuk kesejahteraan, pendidikan, mencerdaskan,” katanya.

Menurutnya,  Muhammadiyah mulai dari diri sendiri, keluarga, baru kemudian ke masyarakat.

Pola pikir kita adalah jangan pernah mengajak orang lain sebelum kita melakukan.

“Sebelum kita mendakwahi orang, maka keluarga kita, kita tertibkan. Selesaikan urusan kita, baru kita kemudian keluar masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan, hadirnya Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islamiyah melalui organisasi yang tertata, Muhammadiyah, mulai dari diri sendiri, keluarga dan ke masyarakat hadir Muhammadiyah dengan organisasi gerakan yang kekinian, mencerahkan, menggerakkan, mengembirakan dan diniati hanya untuk mencari keridhoan Allah SWT.

Camat Patikraja Drs Lendra Yuspi MSi dalam kesempatan tersebut mengatakan semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi harkat dan martabat nilai nilai kemanusiaan.

“Minimal kita bisa mempersempit ruang gerak sikap yang itu termasuk di dunia Pendidikan. Kita memiliki kesempatan, ruangnya masih banyak. Betapa pentingnya kita menopang anak anak kita untuk menjadi kader manusia yang sesungguhnya,” jelasnya.

Ketua Ranting Muhammadiyah Sidabowa Dede Firmanto SAg berharap semoga dengan kesempatan ini ada pelajaran atau ilmu bermanfaat yang dapat diambil dalam rangka mewujudkan sekolah yang unggul dan berkualitas.

“Pada kesempatan malam hari ini bisa mengambil pelajaran atau ilmu yang sanagt bermanfaat. Belajar dari Rektor UMP dalam rangka mewujudkan sekolah yang unggul dan berkualitas,” tandasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved