Breaking News:

Liputan Khusus

SMAN 1 Ungaran Catat Muridnya Banyak Lolos SBMPTN

Panitia SNMPTN Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, DR. Wisnu Widjanarko, MSi., MIPR., CPR

https://ltmpt.ac.id/
Informasi UTBK-SBMPTN 2020 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Panitia SNMPTN Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, DR. Wisnu Widjanarko, MSi., MIPR., CPR menyayangkan apabila ada siswa yang lolos SNMPTN kemudian membatalkannya.

"Akan sangat disayangkan bila sudah diterima lalu cancel begitu saja. Karena itu adalah pilihan yang terbaik, artinya itu akan membuang kesempatan yang diinginkan anak lain," kata Wisnu.

Berdasar pengalaman, apakah mahasiswa lewat SNMPTN juga pintar atau lulus cumlaude, pihaknya tidak bisa menjamin hal itu karena semua dikembalikan lagi pada anaknya.

"Sebetulnya mereka adalah anak-anak pilihan karena dinilai dari rapor di sekolahnya otomatis diharapkan akan mempermudah mereka dapat lulus dengan baik bahkan Cumlaude.

Tapi hal itu memang tidak menjadi jaminan," jelasnya.

Terkait siswa yang lolos SNMPTN, hal itu tidak secara langsung mempengaruhi besaran UKT selama perkuliahan.

Karena besaran UKT itu ditentukan dari setelah diterima ada pernyataan berapa kemampuan mampu membayar, dan bagaimana kondisi keluarga, dan sebagainya.

Diketahui untuk daya tampung SNMPTN di Unsoed pada 2021 adalah sekitar 30 persen atau sebanyak 1.218 mahasiswa.

Sementara untuk SBMPTN sekitar 40 persen yaitu sebanyak 1.620 mahasiswa dan jalur mandiri yaitu sebanyak 30 persen yaitu 1.212.

Terpisah, Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 1 Ungaran, Eko Suhartono mengatakan, berdasar data yang ia miliki, pada 2021 sebanyak 32 siswa lolos seleksi SNMPTN dan 64 siswa lolos seleksi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved