Breaking News:

Berita Kudus

Antisipasi Begal, Hartopo: Jangan Sendiri Kalau di Tempat Sepi

Beberapa waktu lalu terjadi aksi begal sadis di Taman Bumiwangi Jekulo Kudus yang mengakibatkan tangan korbannya terputus

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Bupati Kudus HM Hartopo 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Beberapa waktu lalu terjadi aksi begal sadis di Taman Bumiwangi Jekulo Kudus yang mengakibatkan tangan korbannya terputus.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kudus HM Hartopo mengimbau warganya agar tidak sendiri saat berada di tempat sepi.

"Saya imbau pada masyarakat ketika sudah larut malam atau mungkin tidak larut malam melewati jalan-jalan yang lengang yang sepi perlu diwaspadai. Apakah harus ada teman. Jangan sendiri. Boncengan pun seperti itu, ada yang ngawal," kata Hartopo.

Kalau memang benar-benar tidak ada teman, bisa melintas di jalan alternatif yang lebih aman. 

"Atau cari jalan alternatif. Kira-kira aman di mana. Kadang-kadang masyarakat pengen cari cepat. Tapi kewaspadaan itu kadang tidak diperhitungkan. Bagi saya saya mengimbau pada masyarakat jalan-jalan seperti itu kalau bisa dihindari," kata dia.

Terkait peran pemerintah dalam menjamin keamanan warganya, kata Hartopo, pihaknya sudah menjalin koordinasi sekaligus sinergi dengan TNI dan Polri.

"Sebetulnya dari pemerintah sinergitas dengan TNI Polri untuk rawan kayak begal kayak seperti itu sudah. Tapi kami sendiri kadang-kadang kecolongan," kata dia.

Bisa juga, untuk menghindari hal serupa masyarakat kembali menggiatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Hartopo menuturkan, sejauh ini Siskamling di Kudus di kalangan masyarakat sudah ada. Hanya saja ada yang tidak berjalan.

"Poskamlingnya ada tapi yang jaga kadang-kadang tidak ada," kata dia.

Sementara untuk kasus begal yang terjadi di Taman Bumiwangi, Polres Kudus telah berhasil menangkap 4 tersangka. Masing-masing masih berusia di bawah 20 tahun. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved