Tribun Jateng, KGB, dan Unikal Pekalongan Berikan Pelatihan Guru Menulis Artikel Ilmiah

Komunitas Guru Berkarya (KGB) KGB dan FKIP Universitas Pekalongan bekerjasama dengan Tribun Jateng memberikan pelatihan kepada guru menulis artikel.

istimewa
Komunitas Guru Berkarya (KGB) KGB dan FKIP Universitas Pekalongan bekerjasama dengan Tribun Jateng memberikan pelatihan kepada guru menulis artikel ilmiah populer di media massa melalui daring. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Komunitas Guru Berkarya (KGB) KGB dan FKIP Universitas Pekalongan bekerjasama dengan Tribun Jateng memberikan pelatihan kepada guru menulis artikel ilmiah populer di media massa.


Pelatihan ini berlangsung secara daring dan diikuti oleh 45 dari berbagai wilayah yang ada di Jawa Tengah, Sabtu (15/1/2022).


Pemateri dalam pelatihan ini yaitu dari Dekan FKIP Universitas Pekalongan Dr Fahrudin Eko Hardianto, News Maneger Tribun Jateng Iswidodo, dan dari tim KGB.


Pelatihan dibuka langsung oleh Dekan FKIP Universitas Pekalongan Dr Fahrudin Eko Hardianto, sekaligus menjadi pemateri pertama pelatihan ini. Dalam sambutannya Eko mengatakan, seiring perkembangan jaman guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.


Oleh karena itu, pada pelatihan ini guru diberikan ruang kreatif seluas-luasnya khususnya dalam hal menulis. Terutama menuangkan ide dalam bentuk tulisan di media massa.


"Artikel itu termasuk tulisan pandangan, yakni tulisan berisi pandangan, ide, opini tentang suatu peristiwa," katanya.


Pihaknya menerangkan, bahwa menulis artikel itu ada empat. Pertama, menggali ide, mengumpulkan data, fakta, referensi, dan bahan bacaan, lalu menulis dengan ekspresi, dan keempat editing.


"Artikel itu harus bisa di pahami oleh pembaca. Hal yang bisa menarik pembaca yaitu konten atau topiknya. Diksinya juga perlu diperhatikan, jangan sampai kita menulis, minim informasi."


"Penulis itu tidak lepas dari diksi atau pilihan kata yang tepat. Semakin banyak menulis, semakin banyak kita ketahui," terangnya.


Dr Eko menambahkan, artikel yang dibuat oleh peserta pelatihan ini akan tertibkan di koran Tribun Jateng.


"Saya berharap pelatihan menulis ini dan ilmu yang diberikan oleh pemateri dapat bermanfaat oleh guru," tambahnya.


News Maneger Tribun Jateng Iswidodo yang sebagai pemateri mengatakan, bahwa menulis artikel itu sangat mudah, dibandingkan susun materi pelajaran.


Pihaknya juga menerangkan, bagaimana bahwa cara menulis artikel atau opini.


"Motivasi untuk menulis itu pertama, yakin bahwa tulisan kita bermanfaat bagi pembaca, menambah pengetahuan dan wawasan untuk penulis dan pembaca."

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved