Berita Jepara

Tinggalkan Bumi Kartini, Obor Pesonas Kini Lanjutkan Estafet ke Kudus

Obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 kini telah melanjutkan perjalanan dari Kabupaten Jepara ke Kabupaten Kudus.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: moh anhar
Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan obor Pesonas 2022 kepada Ketua Special Olympics Indonesia (SOINa) Jateng, Kristijani Kirana di Pendopo RA Kartini, Selasa (18/1/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 kini telah melanjutkan perjalanan dari Kabupaten Jepara ke Kabupaten Kudus.

Bupati Jepara Dian Kriatiandi menyerahkan obor Pesonas 2022 kepada Ketua Special Olympics Indonesia (SOINa) Jateng, Kristijani Kirana di Pendopo RA Kartini, Selasa (18/1/2022).

Prosesi serah terima obor Pesonas 2022 dari Jepara kepada Pengurus Daerah (Pengda) SOIna Jateng, dimeriahkan dengan penampilan bakat dari anak-anak berkebutuhan khusus binaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jepara.

Baca juga: Jarang Berproduksi, Lima Perusahaan Rokok di KIHT Kudus Akan Dievaluasi‎

Baca juga: Kecelakaan Maut di Pantura Pati, Pengendara Motor Beat Tewas setelah Bersenggolan dengan Truk

Bupati Dian Kristiandi menyampaikan estafet obor ini merupakan simbol, spirit perjuangan dan kebersamaan. Khususnya untuk menghilangkan diskriminasi terhadap insan bertalenta khusus. Meski obor Pesonas 2022 meninggalkan Jepara, semangat serta inspirasi yang ditinggalkan akan tetap abadi. 

“Saya cukup yakin api abadi ini memberikan semangat yang luar biasa. Mengispirasi kepada seluruh elemen yang ada di Jepara untuk lebih peduli terhadap anak-anak kita yang bertalenta khusus,” ujarnya.

Menurutnya, peran orang tua yang memiliki anak bertalenta khusus juga tak kalah penting. Dian Kristiandi pun mengajak agar terus memberikan semangat dan perhatian yang cukup. Termasuk menggali bakat serta melatih talenta sang buah hati. 

”Jangan pernah mengeluh, kehadiran anak bapak ibu tentu pasti akan memberikan manfaat. Jangan pernah sekali-kali menyia-nyiakan keberadaan mereka,” kata bupati.

Dian Kristiandi juga memberikan perhatian lebih terkait keberlangsungan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Di antaranya adalah mewujudkan sekolah-sekolah inklusif agar jangkauannya merata.

Ia pun mengusulkan di tahun 2023 ada penambahan armada penjemputan sekolah bagi mereka.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jepara Agus Tri Harjono, menuturkan obor Pesonas telah singgah di Kota Ukir sejak 14 Januari kemarin.

Selama itu juga dilaksanakan berbagai kegiatan untuk anak-anak bertalenta khusus, meliputi ekspresi seni budaya, olahraga, dan sarasehan bertajuk sinergitas berbagai elemen.

Baca juga: Kisah Makam Pasutri Tertimbun Sampah 3 Meter di Mandiraja Banjarnegara

Baca juga: Apa Bedanya Pemain Bulu Tangkis Pelatnas, Non-Pelatnas dan Magang? Tommy dan The Daddies Contohnya

Menurut dia, tujuan rangkaian kegiatan ini yakni menyosialisasikan penyelenggaraan Pesonas 2022. Di samping itu, mengkampanyekan masyarakat yang inklusi agar tak ada lagi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas intelektual.

“Membuka ruang dan peran bagi masyarakat untuk terlibat dalam kampanye dunia yang inklusif,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved