Universitas Nasional Karangturi

Strategi Manajemen Bisnis Agar Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Persaingan usaha yang semakin ketat di era globalisasi harus di hadapi oleh para pelaku bisnis dengan menerapkan langkah-langkah strategis.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Grace Ivana Prasetyo, Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nasional Karangturi Semarang 

Oleh: Grace Ivana Prasetyo, Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nasional Karangturi Semarang

PERSAINGAN usaha yang semakin ketat di era globalisasi harus di hadapi oleh para pelaku bisnis dengan menerapkan langkah-langkah strategis untuk kelangsungan bisnisnya. Munculnya pandemi Covid-19 yang menyerang hampir di seluruh belahan dunia mengakibatkan sendi-sendi kehidupan seperti pendidikan dan juga perekonomian mengalami kelumpuhan yang mengakibatkan sekolah dan perusahaan mengganti aktivitasnya dengan melakukan daring, bahkan tidak sedikit perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Pandemi yang sedang berlangsung sekarang ini membuat dampak yang beragam, merebaknya virus ini cukup mengkhawatirkan kesehatan bagi masyarakat dan juga bagi perekonomian bangsa seperti perusahan dan sektor ekonomi yang ada di Indonesia dan tidak sedikit sektor yang mendapatkan dampak ini karena tidak adanya pemasukan. Para pengusaha masih berusaha untuk mencari cara untuk mengelola bisnis yang tepat dikala pandemi melanda. Para pelaku bisnis akan mencari cara terbaik untuk tetap bertahan sembari menunggu Pandemi ini segera berakhir di tengah ketidakpastian ini.

Dunia bisnis di era globalisasi ini pemasaran produk baik barang maupun jasa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Media sosial merupakan produk dari teknologi informasi memberikan manfaat optimal bagi pelaku usaha. Dengan media sosial pelaku usaha dapat memaparkan spesifikasi produk, kualitas, dan harga sehingga konsumen bebas untuk memilih barang yang dibutuhkan sesuai dengan yang di inginkan

Poin lain yang penting adalah komunikasi. Komunikasi menjadi salah satu kunci yang sangat penting juga dalam mengelola bisnis selama pandemi berlangsung. Karena itu perlu memastikan komunikasi dengan karyawan tetap terjaga. Keberadaan teknologi yang semakin maju membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah termasuk urusan komunikasi.

Selain memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi di pandemi COVID-19 penting pula untuk memperhatikan beberapa hal agar pelaku bisnis tidak rugi besar. Hal yang perlu diperhatikan ialah mengutamakan kesehatan. Bisnis akan tetap berjalan selama para karyawan sehat sehingga kegiatan operasional tidak terganggu, maka dari itu perlunya Work From Home (WFH) seperti yang disarankan pemerintah bisa menjadi solusi yang tepat dengan didukung penggunaan teknologi untuk pengelolaan bisnis, pemantauan data, dan pengambilan keputusan. Dengan melakukan pekerjaan melalui WFH maka dapat mengurangi risiko para karyawan tertular covid maupun risiko biaya kesehatan yang akan meningkat jika tertular Virus COVID-19.

Dalam menjalankan bisnis menjadi salah satu faktor yang penting dalam kelangsungan sebuah bisnis yaitu perlu melakukan manajemen risiko. Dalam hal ini perlu melihat bagian apa saja yang terkena dampak dan merencanakan langkah untuk mencari solusi yang tepat tehadap kemungkinan buruk yang akan terjadi. Namun jangan lupa untuk melihat peluang baru di masa yang akan datang. Para pelaku usaha perlu menganalisis tren pasar yang sedang terjadi agar dapat membuat pola bisnis baru yang tepat.

Dengan munculnya wabah pandemi, cukup banyak strategi yang muncul dan digunakan dalam waktu yang sangat cepat. Hal tersebut dapat menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk orang-orang terlibat pada lingkungan organisasi bisnis. Di masa depan akan terjadi perubahan paradigma di segala bidang, oleh karena itu setiap organisasi bisnis harus selalu meninjau ulang manajemen strategis mereka, baik itu strategi yang sedang berlangsung atau yang akan direncanakan. (*)

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved