Liputan Khusus

Inilah Lokasi di Pekalongan yang Bikin Merinding, Ada Noni Belanda Diam Berdiri di Bangunan Tua

Pekalongan selain dikenal sebagai batiknya, juga menyimpan beberapa kisah misteri, yang masih diyakini oleh sebagian orang.

indra Dwi Purnomo
Gedung Bakrowil Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pekalongan selain dikenal sebagai batiknya, juga menyimpan beberapa kisah misteri, yang masih diyakini oleh sebagian orang.

Percaya atau tidak, inilah tempat yang dikenal angker dan yang bikin bulu kuduk berdiri.

1. Gedung PT Pertani (Persero) Cabang Pekalongan

Gedung ini berlokasi di Utara, Gor Jetayu Pekalongan. Karena bentuk gedungnya yang Instagramable, tak jarang jadi lokasi foto para kaum milenial di Pekalongan.

Bangunan yang kononnya peninggalan pemerintah kolonial Belanda itu menyimpan cerita mistis.

Dirhamsyah sejarahwan Kota Pekalongan, mengatakan gedung itu mulanya digunakan sebagai bank pada masa pemerintahan kolonial Belanda tahun 1920.

"Sekitar tahun 1980 an, gedung itu baru digunakan sebagai kantor cabang PT Pertani (Persero) yang merupakan BUMN," kata Dirhamsyah sejarahwan Kota Pekalongan kepada Tribunjateng.com, Rabu (9/3/2022) siang.

Saat disinggung mengenai, apakah pernah merasakan suasana berbeda di gedung tersebut, ia menceritakan, bahwa pada akhir Februari 2022 saat berkunjung ke tempat tersebut pernah merasakan suasana yang berbeda.

"Tepatnya di bangunan sisi utara saat berada di sana merasakan yang berbeda, tempatnya setengah basah, padahal di luar cuacanya panas."

"Setelah, pulang dari gedung itu merasakan punggungnya agak berat. Dulu kata bapak saya, kalau habis dari daerah yang dianggap angker, langsung pulang, mandi, salat, dan membaca doa doa," imbuhnya.

Bahkan, dulu di gedung tersebut pernah dijadikan lokasi progam uka-uka oleh stasiun televisi swasta.

Nazilul (39) warga Kelurahan Pasirsari mengatakan, bahwa di jalan sekitar gedung itu memang ngeri. Selain sepi saat malam, suasana di sana sudah beda.

"Katanya pas lewat gedung itu lihat gadis kecil berpakaian khas Belanda berdiri diam di halaman gedung. Tepatnya di bawah pohon," katanya.

2. Gedung Bakrowil Pekalongan

Gedung Bakrowil Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah
Gedung Bakrowil Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (indra Dwi Purnomo)
Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved