Berita Pemalang

Tidak Punya Izin Tinggal, Warga Negara Yaman Diamankan Imigrasi Pemalang

Pihaknya menjelaskan warga Yaman itu masuk ke Indonesia sejak tahun 2017 dan sebelumnya WNA yang berinisial M ini tinggal di Jeddah

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Pemalang menahan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal negara Yaman.

Warga asing yang berinisial M (32) itu diduga melanggar aturan tentang keimigrasian.

Hal tersebut dikatakan, Washono Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang.

"Kasus ini terungkap karena adanya laporan dari masyarakat Pekalongan. Setelah dicek, benar ternyata WNA yang berinisial M dengan status tidak memiliki dokumen atau Undocumented Person," kata Washono Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, Selasa (15/3/2022).

Pihaknya menjelaskan warga Yaman itu masuk ke Indonesia sejak tahun 2017 dan sebelumnya WNA yang berinisial M ini tinggal di Jeddah.

"Dari hasil pemeriksaan, paspornya WNA tersebut hilang. Namun, kita masih melakukan pendalaman lebih lanjut untuk bisa membuktikan dan memenuhi unsur-unsur pidana keimigrasian," jelasnya.

WNA asal Yaman tersebut saat ini, berada di ruang detensi Imigrasi Pemalang.

"Di ruang tersebut maksimal selama 30 hari, apabila WNA tersebut tidak bisa menunjukan paspornya dan pihak Kedutaan Yaman tidak bisa memberikan paspor, maka M akan dikirim ke rumah detensi di Semarang," imbuhnya.

Kemudian, saat disinggung mengenai berapa WNA di wilayah kerja Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang yang memiliki ijin, pihaknya menambahkan ada 672 WNA dengan memiliki ijin yang bervariasi, dari ijin tinggal kunjungan, ijin tinggal terbatas, maupun ijin tinggal tetap. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved