Berita Blora

Ditolak Warga, Pelantikan Sekdes Nglobo Akhirnya Ditunda

Lantaran ditolak warga, pelantikan Siti Rubiatun sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora

Penulis: ahmad mustakim | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Puluhan warga menolak pelantikan Siti Rubiatun sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora yang dilakukan oleh Kepala Desa setempat pada Sabtu (19/3/2022). (Ist) 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Lantaran ditolak warga, pelantikan Siti Rubiatun sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. 

Puluhan masyarakat secara tegas menolak proses pelantikan Sekdes yang dilakukan oleh Kepala Desa setempat pada Sabtu (19/3/2022).

Adit, salah watu warga Nglobo mengaku, pada intinya, warga tidak menghendaki yang bersangkutan menjadi perangkat. 

“Secara aturan dia bisa saja memiliki SK. Namun warga tidak mengakuinya. Tidak mengharapkannya,” terangnya. 

Diceritakannya, dalam mutasi kemarin, warga, baik Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat tidak dilibatkan.  Untuk SK dia bisa saja sudah mengantongi. 

“Waktu itu, SK sempat diajukan kepada Camat. Karena ada konflik soal tahapan, Bu Camat belum memberikan rekomendasi. Tapi dikembalikan ke Kades. Kemarin mau ada pelantikan, tapi warga menolak dan ditunda,” paparnya.

Menurutnya, tidak perlu ada pelantikan jika SK yang sudah ada itu sah. 

Namun, karena warga sudah bergejolak dan menolak yang bersangkutan menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Salah satu tokoh masyarakat, Mulyono Trunokusuma (78) mengatakan, alasan penolakan dari warga lantaran Siti Rubiatun yang dulunya menjabat sebagai Kepala Urusan (Kaur) Keuangan yang dimutasi sebagai Sekdes dinilai tidak transparan. 

Selain itu, aksi penolakan yang dilakukan warga karena yang bersangkutan tidak cocok menjadi perangkat desa karena attitudenya. 

“Pernah kita ajak mediasi bersama Camat beserta Kapolsek. Namun yang bersangkutan tidak ada tindakan dan reaksi sama sekali. Bahkan tidak menunjukkan sopan santun sama sekali,” terangnya. 

Diungkapkannya, kalau mau menjadi Sekdes, dekatilah masyarakat dan sebagai pamong yang disuruh ngemong masyarakat. 

“Harapan warga mutasi diulang. Dibatalkan,” tandasnya.

Camat Jiken, Mulyowati mengaku, pelantikan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. 

“Intinya, proses awal sejak masuk jadi perangkat desa, masyarakat sudah tidak menghendaki. Terus dilanjut menjadi Kaur Keuangan dan di Mutasi jadi Sekdes. Ini malah menambah rasa kebencian warga,” terangnya. (kim)

Baca juga: Tahukah Kamu Panas dan Dingin Bumi Adalah 2 Kali Hembusan Neraka?

Baca juga: Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 4 Pembelajaran 4 Halaman 118 119 120 121 122 123 Kewajiban dan Hakku

Baca juga: 5 Zodiak Cowok Pantas Dijuluki Family Man, Sangat Sayang Pada Anaknya

Baca juga: Cekcok Saat Pesta Miras, M Nendra Dibunuh Secara Sadis di Tengah Jalan Saat Berjalan Pulang

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved