Mudik 2022

Meski Dibuka Titik Vaksin, Masyarakat Disarankan Tidak Vaksinasi Covid-19 saat Mudik, Ini Alasannya

Nadia mengatakan, pemberian vaksinasi di titik-titik jalur mudik adalah upaya terakhir agar masyarakat mendapat perlindungan selama perjalanan.

Editor: muslimah
TRIBUN JATENG / EKA YULIANTI FAJLIN
Vaksinasi di Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM - Meski Dibuka Titik Vaksin, Masyarakat Disarankan Tidak Vaksinasi Covid-19 saat Mudik, Ini Alasannya

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyarankan masyarakat untuk tak menerima vaksinasi Covid-19 saat melakukan perjalanan mudik.

Sebab, kata dia, vaksinasi akan menimbulkan kejadian ikut pasca imunisasi (KIPI) sehingga akan berdampak pada perjalanan mudik penerima vaksin.

Baca juga: Dugaan Pemerkosaan di Balik Perempuan Coba Tabrakkan Diri ke Kereta Api di Brebes, Ini kata Polisi

Baca juga: Datang Ke UI, Menko Luhut Binsar Panjaitan Didemo Mahasiswa, Ditanya Soal Big Data Pemilu

"Kita mengimbau masyarakat, kalau kita mau mudik nyaman jangan divaksin pada saat mudik, ini harus kita sampaikan kalau enggak enak badan, merasa pusing kan jadi enggak nyaman mudiknya," kata Nadia melalui kanal YouTube Kemenkes, dikutip Rabu (13/4/2022).

Nadia mengatakan, pemberian vaksinasi di titik-titik jalur mudik adalah upaya terakhir agar masyarakat mendapat perlindungan selama perjalanan.

Kemenkes, lanjutnya, akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI-Polri agar pelaksanaan vaksinasi di titik-titik jalur mudik tidak mengalami antrean.

"Kita juga belum tahu apakah nanti akan ada kemacetan berapa kilometer, karena kita tahu bahwa mudik kali ini hampir dua kali lipat," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, ambulans akan tersedia di seluruh posko vaksinasi untuk mengantisipasi adanya penerima vaksin yang mengalami KIPI dengan gejala berat.

"Oleh karena itu kita berharap bahwa para pemudik yang sebaiknya segera mendapatkan vaksinasi sebelum melakukan mudik karena itu akan lebih baik dan lebih nyaman," ucapnya. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved