Berita Demak

Hari Kartini, Seluruh Pegawai Wanita di Pemkab Demak Kenakan Kebaya

Pemandangan di lingkungan perkantoran Pemerintahan Kabupaten Demak dan OPD terlihat anggun

Penulis: Rezanda Akbar D | Editor: sujarwo
Istimewa
Pegawai DinKominfo kenakan baju kebaya bertepatan Hari Kartini. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – Pemandangan di lingkungan perkantoran Pemerintahan Kabupaten Demak dan OPD di Demak terlihat anggun.

Pasalnya, pada Kamis (21/4/2022) para wanita berpakaian kebaya yang bertepatan dengan hari Kartini.

Hal itu, juga tertulis di Surat Edaran Nomor 061/0635/2022 tentang Pemakaian Pakaian Kebaya Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2022.

Seluruh karyawan wanita di Dinas Kominfo menggunakan kebaya dengan model atasan polos dan bawahan kain jarik dengan motif batik khas Demak.

Kepala Dinkominfo Endah Cahyarini menyampaikan, peringatan ini merupakan wujud penghormatan atas jasa-jasa Raden Adjeng (RA) Kartini dalam mempelopori pendidikan bagi wanita di Indonesia.

Adapun pada setiap peringatan Kartini selalu identik dengan busana kebaya, yang merupakan busana tradisional khas Indonesia. 

Sehingga sebagai wanita Indonesia harus berbangga memiliki dan memakai pakaian adat seperti kebaya, karena begitu banyak filosopi positif yang ada dalam pakaian kebaya.

“Secara totalitas, kebaya ini menjadi lambang nilai-nilai yang diharapkan dari seseorang wanita yang meliputi, dapat menyesuaikan diri, luwes, lemah lembut, tabah, serta mandiri melindungi diri sendiri,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved