Wisata Religi

Ribuan Orang Ziarahi Makam Waliyullah Kyai Hasan Munadi Nyatnyono

Di Nyatnyono Ungaran Kabupaten Semarang terdapat makam waliyullah yaitu Syekh Hasan Munadi yang konon hidup sezaman dengan Sunan Kalijaga.

TRIBUNJATENG.COM -- Di Nyatnyono Ungaran Kabupaten Semarang terdapat makam waliyullah yaitu Syekh Hasan Munadi yang konon hidup sezaman dengan Sunan Kalijaga.

Pendakwah Islam di kawasan Ungaran dan sekitarnya ini, membangun masjid Subulussalam.

Ribuan warga ziarahi kawasan makam Waliyullah Syekh Hasan Munadi di daerah Nyatnyono, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang pada Kamis (21/4/2022) malam.

Mereka berziarah bersamaan dengan peringatan menjelang selikuran atau malam hari ke-21 pada bulan Ramadan.

Selain menjelang Selikuran, ramainya jemaah peziarah juga karena bersempena pengajian yang dihadiri Habib Nauval Al Muthohar dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha.

Di area makam tersebut, para peziarah secara bergantian memadati sekeliling cungkup dengan saka guru dalam bangunan. Lantunan doa-doa terus terdengar dari para peziarah.

“Ini kalau haulnya itu tiap malam ke-20 sampai 21 Ramadan.

Tapi untuk hari-hari biasa saat ini juga ramai. Rombongan-rombongan dari Jawa Barat, Jawa Timur naik bus parkir di depan rumah saya,” ujar Mutolib, seorang warga asli setempat.

Bangunan yang di dalamnya terdapat makam Syech Hasan Munadi serta anaknya Kyai Hasan Dipuro tersebut berada di lokasi yang bisa dibilang dataran tinggi.

Pengunjung harus memarkir kendaraannya di bawah untuk kemudian berjalan kaki menaiki tangga untuk sampai ke makam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved