Kepemimpinan Puan Maharani

Puan Siap Kunjungi Jateng untuk Tinjau Harga Sembako hingga Resmikan Program Air Bersih

Puan Maharani hendak melakukan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari di Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (26/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022).

Penulis: DNA | Editor: APS
rilis
Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi Kampung Batik di Pasar Laweyan, Solo, didampingi WaliKota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (20/1/2022) 

TRIBUNJATENG.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani hendak melakukan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari di Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (26/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022).

Dalam kunker itu, Puan akan menghadiri serangkaian kegiatan di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen. Kegiatan ini termasuk mengecek harga sembako jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah (H).

Pada hari pertama, Selasa (26/4/2022), Puan akan menghadiri pembukaan bimbingan teknis (bimtek) Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Hotel Sunan Solo.

Setelah dari Solo, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menuju ke Wonogiri untuk membuka program air bersih bagi masyarakat Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Rawan Macet, Puan Minta Pemerintah Siapkan Ini

“Masyarakat Desa Gendayakan selama ini sangat kesulitan air karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Kami bersyukur pengerjaan proyek air bersih sudah selesai sehingga ke depan dapat membantu kehidupan sehari-hari warga,” kata Puan dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Senin (25/4/2022).

Usai membuka program air bersih, ia mengecek pelaksanaan bedah rumah dari program rumah tidak layak huni (RTLH) di Wonogiri.

Sementara itu, mengawali kunker pada hari kedua, Rabu (27/4/2022), Puan akan melakukan kunjungan ke Pasar Jungke, Kabupaten Karanganyar. Dalam kesempatan ini, ia ingin mengecek langsung harga-harga kebutuhan pangan menjelang Lebaran.

“Seperti kami ketahui, beberapa komoditas sembako harganya sudah mulai naik. Saya ingin mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga kami bisa carikan solusi bersama pemerintah,” imbuhnya.

Baca juga: Ramah Tamah dengan Kelompok Perempuan, Puan Serap Masukan Implementasi UU TPKS

Setelah dari Pasar Jongke, Puan akan bertolak ke Sragen untuk meresmikan objek wisata Gunung Kemukus yang dipoles dengan ikon baru, yaitu The New Kemukus.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono juga dipastikan akan hadir.

“Kami berharap The New Kemukus sebagai ikon baru Sragen akan semakin meningkatkan pariwisata di Kabupaten tersebut,” ucap Puan.

Mantan Menko PMK itu juga dijadwalkan memberikan bantuan gerobak untuk sejumlah UMKM di The New Kemukus. Puan meyakini, objek wisata baru ini akan meningkatkan perekonomian warga di sekitar Gunung Kemukus.

“Harapannya agar percepatan ekonomi di Sragen juga akan kian meningkat,” imbuhnya.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Puan Berharap Wanita Indonesia Terus Gaungkan Kesetaraan

Warga setempat antusias dengan peresmian The New Kemukus. Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, warga mengecat warna-warni rumahnya agar menjadi Kampung Pelangi.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri Setyo Sukarno memberikan apresiasi atas kesediaan Puan yang akan menghadiri pembukaan program air bersih di wilayahnya.

Menurut Setyo, warga Desa Gendayakan selama ini selalu mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

“Warga biasanya mengandalkan air hujan karena kondisi tanah yang berbukit dan bebatuan sehingga susah untuk membuat sumur. Sekarang dari sumber air alami, air disalurkan lewat pipa-pipa ke rumah-rumah warga. Terima kasih Ibu Puan berkenan hadir dalam pembukaan program air bersih di Wonogiri,” jelasnya.

Baca juga: Puan: Kerja Legislasi DPR Tidak Hanya Sekadar Kuantitas Tapi Kualitas

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved